Trending Topic
Uji Coba MRT, Juga Ujian Bagi Calon Penumpang. Ini Kata Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta.

26 Mar 2019

Setelah bertahun-tahun melihat dan merasakan kemacetan karena proyek MRT, akhirnya MRT Jakarta fase 1 dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI, sepanjang 16 kilometer,  resmi dibuka, 24 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Antusiasme masyarakat menyambut moda transportasi canggih ini begitu besar. Ini bisa dilihat dari membludaknya masyarakat yang ingin mencobanya saat uji coba untuk umum dilakukan 12 – 24 Maret 2019 lalu.

Selain menguji kesiapan MRT dan berbagai fasilitasnnya, masa uji coba itu juga menjadi ujian bagi warga yang akan menjadi penggunanya. Bukan hanya teknologi baru, MRT Jakarta juga akan mengubah cara kita bertransportasi dan berinteraksi. Ini disosialisasikan lewat layar monitor yang tersebar di dalam stasiun MRT. Sehingga ke depannya masyarakat bisa tertib dan paham bersikap selama menggunakan fasilitas MRT Jakarta.

Menanggapi kesiapan masyarakat dalam menyambut hadirnya MRT Jakarta, Silvia Halim (35) Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, kepada Femina beberapa waktu lalu mengatakan, pihak MRT Jakarta berusaha meningkatkan awareness ke masyarakat agar bisa menggunakan dan menjaga bersama-sama.

“Karena MRT ini bukan milik PT MRT Jakarta, bukan milik Pemrov DKI, tetapi milik masyarakat Jakarta, dan milik Indonesia. Apalagi, MRT ini adalah hasil kerja bersama dengan susah payah diwujudkan,” katanya.

Namun, Silvi mengatakan, selama memonitor percakapan masyarakat yang terjadi di media sosial berikut harapan positif mereka akan MRT, pihaknya merasa bahwa akan tumbuh sense of ownership pada diri masyarakat. “Bahkan, ketika saya membaca ada yang bilang, ‘Jangan dirusak, ya, nanti,’ hal itu benar-benar membuat kami percaya diri,” katanya.

Kita semua sama-sama belajar, saat melihat masyarakat yang belum paham dan tidak bersikap sesuai dengan aturan, tidak perlu menghujat, akan lebih bila kita saling mengingatkan.

Berikut beberapa aturan yang bisa mulai Anda biasakan:

# Menunggu di area dengan tanda kuning. Tidak pada area bertanda hijau, tempat penumpang turun dari MRT.
# Di dalam kereta, tidak berdiri di area pintu yang dapat menghalangi lalu lintas penumpang. Jangan pula bersandar pada pintu kereta.
# Perhatikan barang bawaan Anda, seperti tas, agar tak mengganggu penumpang lain.
# Tidak makan dan minum selama berada di dalam kereta.
# Saat naik/ turun tangga, berdiri di sisi kiri tangga. Sisi kanan tangga untuk penumpang yang ingin berjalan. (f)

Baca Juga:

Silvia Halim Mengurai Kekusutan Jakarta
Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta dan Ribuan Tantangan untuk Membangun MRT Jakarta
 

Nuri Fajriati


Topic

#mrt, #transportasi, #jakarta

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.