Trending Topic
Kuatkan Usaha Anda di Tengah Krisis COVID-19 dengan Cara Ini

6 Jul 2020


Dok. Shutterstock



Bukan berita baru bahwa sektor UKM adalah salah satu sektor yang terdampak keras dari adanya pandemi COVID-19 ini. Banyak bisnis yang turun drastis omsetnya, mengurangi karyawan bahkan hingga harus gulung tikar.

Kendati demikian, bukan berarti para pelaku usaha kecil dan menengah ini tak bisa bertahan di tengah pandemi. Pasalnya, menurut Subiakto Priosoedarsono, praktisi branding, wirausaha adalah sektor yang paling cepat beradaptasi dengan keadaan dibandingkan sektor-sektor lainnya yang terdampak COVID-19.

Lantas bagaimana caranya bagi para pelaku usaha untuk bisa beradaptasi di tengah krisis ini. Berikut saran dari Subiakto yang disampaikan dalam salah satu sesi di acara Indonesia Brand Forum 2020.

Pertama, para pelaku usaha fokus membuat usahanya menjadi sesuatu yang unik dan tidak mudah ditiru. Menurutnya, agar bisa mencapai keberhasilan branding, UKM harus bisa menemukan nama dan makna yang tepat serta mudah diingat calon konsumen. 

Kedua, temukan tujuan berbisnis yang sesuai dengan minat atau passion. Karena, perpaduan antara tujuan bisnis yang jelas dan sejalan dengan passion sang pelaku usaha akan membuatnya bertahan lama dan kuat menghadapi berbagai keadaan.

Ketiga, jangan lupa bercerita. Tak hanya bercerita tentang produk yang ditawarkan, tapi juga tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Hal ini akan membuat konsumen memandang brand tersebut memiliki kualitas yang baik dan memerhatikan lingkungan sekitar.

Selain itu, Subiakto juga mengingatkan bahwa di masa new normal ini, strategi pemasaran dari mulut ke mulut akan kembali jadi tren, mengingat kini begitu banyak orang yang mulai membangun usaha. Sebuah brand yang memang bagus dan direkomendasikan orang lain akan lebih dipilih dibandingkan mereka yang gencar melakukan promosi tanpa ada testimoni pelanggan. (f)



BACA JUGA :
Milenial, Generasi Paling Tidak Optimis Pada Kondisi Ekonomi Dalam Krisis COVID-19
Bisnis Berdampak Sosial Lebih Disukai, Ini Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Masyarakat ASEAN Rela Membayar Lebih Mahal Demi Produk yang Dukung Conscious Lifestyle


 


Topic

#IBF2020, #wanwir

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?