Trending Topic
Dinobatkan Sebagai Menteri Terbaik di Dunia, Sri Mulyani Indrawati Jadi Orang Asia Pertama yang Menerima Penghargaan Tersebut

12 Feb 2018


Foto: Instagram/ @worldgovsummit

Catatan positif kembali digoreskan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, pada perjalanan kariernya dengan meraih penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (The Best Minister Award) dari World Government Summit, yang diselenggarakan di Dubai. Penghargaan tersebut diberikan kepada Sri Mulyani, hari Minggu (11/2) oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global dari World Government Summit yang diberikan kepada satu orang menteri di dunia setiap tahun. Penghargaan ini mulai diberikan tahun 2016 yang seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young.

World Government Summit adalah pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai yang dihadiri lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 dan lembaga internasional. Forum ini membahas mengenai proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan lainnya, untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan. Tujuannya, untuk memperbaiki kehidupan 7 milyar penduduk dunia.


Foto: Instagram/@worldgovsummit
 
Dilansir dari Kemenkeu.go.id,  melalui siaran pers oleh Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Nufransa Wira Sakti, Menteri Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya dan menyebutkan jika pekerjaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

Sri Mulyani, melalui akun Instagramnya @smindrawati,  juga menyebutkan bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan bagi seluruh rakyat Indonesia dan jajaran Kemenkeu yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi. Sri Mulyani berharap penghargaan ini menjadi motivasi pemerintah Indonesia untuk melakukan berbagai reformasi guna menyiapkan generasi mudanya menghadapi tantangan perubahan dunia yang makin cepat.

Presiden Joko Widodo pun menyatakan kebanggaannya atas penghargaan terhadap salah satu menteri Kabinet Kerja tersebut. Dikutip dari siaran pers Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, via Kemenkeu.go.id,  Kepala Negara menyebutkan bahwa hal ini sekaligus menunjukkan bahwa manajemen ekonomi makro dan pengelolaan APBN serta fiskal di Indonesia telah berada pada jalur yang tepat.

Melalui akun Instagram @worldgovsummit, dijelaskan mengenai beberapa hal yang membuat Sri Mulyani menerima penghargaan The Best Minister Award tersebut.  Pertama adalah peningkatan bidang sosial-ekonomi pada beberapa hal, yaitu menurunkan tingkat kemiskinan sampai 40% dalam kurun waktu  40%, mengurangi kesenjangan pendapatan, dan meningkatkan penciptaan lapangan kerja.

Kedua adalah terus memacu pertumbuhan ekonomi, dilihat dari transparansi ekonomi yang meningkat hingga 3% dalam kurun waktu 5 tahun, mengurangi jumlah utang Indonesia hinggal 50%, dan pernah membuat Indonesia memiliki cadangan devisa tertinggi sepanjang sejarah (hingga 50 triliun USD).

Sosok Sri Mulyani Indrawati merupakan kebanggaan Indonesia karena sikapnya yang cerdas, pemberani, dan inspiratif. Banyak titel diberikan pada wanita kelahiran 26 Agustus 1962 ini, antara lain The Most Powerful Women versi Forbes di posisi ke-23 (2008) dan ke-37 (2016), Asia’s Finance Minister of The Year versi Emerging Markets (2006), dan Euromoney Finance Minister of The Year oleh majalah Euromoney (2006). Ini berkat kiprahnya di dunia ekonomi nasional dan internasional, ketika ia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia/ Kepala Bappenas (2004-2005), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI (2008-2009). Pada periode 2010-2016 ia menjadi orang Indonesia dan wanita pertama yang menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kemudian kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan RI pada Kabinet Kerja II dari tahun 2016 hingga kini.

Sri Mulyani pernah membawa Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6,6% pada tahun 2007, tertinggi sejak krisis finansial di Asia tahun 1997. Selama jabatannya itu juga, cadangan valuta asing Indonesia mencapai nilai tertinggi, sebesar 50 miliar dolar AS dan sukses membuat ekonomi tanah air tumbuh hingga 4,5% di saat banyak negara di dunia mengalami kemunduran pada tahun 2009.

Selamat, Ibu Sri Mulyani!(f)


Baca juga: 
Jelang Reshuffle Kabinet, Mengintip Gaya Kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati
11 Profil Kartini Era Kini: Sri Mulyani, Dian Sastrowardoyo, hingga Liliyana Natsir
Surat Terbuka Sri Mulyani di Linkedin


Meiranie Nurtaeni


Topic

#srimulyani, #kemenkeu, #bestminister

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.