Trending Topic
Chester Bennington, Kate Spade, Lalu Anthony Bourdain, Apakah Bunuh Diri Selebritas Mendorong Orang Melakukan Hal Yang Sama?

12 Jun 2018


Foto : Pixabay

Berita tentang seseorang yang melakukan bunuh diri selalu mengundang kepedihan dan keprihatinan keluarga dan teman. Saat dilakukan oleh selebritas dan figur publik seperti Robin Williams, Chester Bennington, Kate Spade, dan Anthony Bourdain, publik yang lebih luas ikut terguncang.
 
Dokter Nova Riyanti Jusuf, SpKJ, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta menggarisbawahi, bunuh diri adalah masalah yang kompleks, bukan karena satu sebab atau alasan tunggal. Lebih jauh, dokter yang disapa Noriyu ini melihat bunuh diri sebagai sebuah tindakan multidetermined dengan mempertimbangkan berbagai faktor risiko seperti gangguan psikiatrik, faktor sosial, faktor psikologis, faktor biologis, faktor genetik, dan gangguan fisik.

Ia juga melihat, bunuh diri dapat dipengaruhi oleh dorongan-dorongan sosial, termasuk imitasi. Contoh terkenal adalah novel Penderitaan Pemuda Werther (1774) karya Goethe. Werther, tokoh utama novel ini, bunuh diri setelah cintanya ditolak seorang perempuan. Kematian fiktif Werther ditiru banyak pemuda dalam kehidupan nyata sehingga muncul istilah "werther effect".

Copycat (peniruan) karena pembelajaran sosial dapat terjadi akibat terpapar bunuh diri individu lain, misalnya dengan imitasi perilaku bunuh diri. Kepergian Chester erat dikaitkan dengan bunuh diri Chris Cornell, vokalis Soundgarden dan Audioslave. Chris yang sahabat Chester itu bunuh diri di hari ulang tahunnya, dua bulan setelah kematian Chester.

Dalam disertasinya, Noriyu menyampaikan, saat ini bunuh diri imitasi tampaknya dipengaruhi oleh difusi informasi melalui media massa. Bukti bahwa perilaku bunuh diri imitatif banyak terjadi akibat reportase bunuh diri dalam media berita atau hiburan.
 
Hal ini awalnya hanya dianggap sebagai anekdot, namun setelah Phillips mengeluarkan sebuah studi seminal yang secara retrospektif membandingkan angka bunuh diri pada bulan-bulan yang mana terdapat pemberitaan artikel halaman pertama tentang bunuh diri di Amerika Serikat dengan angka bunuh diri yang terjadi pada saat tidak ada pemberitaan demikian yang muncul.
 
Penelitian Phillips selama 20 tahun menunjukkan bahwa dalam 33 bulan terdapat pemberitaan relevan halaman depan tentang bunuh diri, terdapat kenaikan signifikan angka bunuh diri pada 26 bulan.
 
Puncak imitasi terjadi pada tiga hari pertama dan kemudian menurun setelah dua minggu, walau ada kalanya bertahan lebih lama. Intinya dibutuhkan kemampuan para profesional di bidang media agar melatih secara berhati-hati tentang pemberitaan bunuh diri, dan menyeimbangkan antara keharusan “hak publik untuk mengetahui” dengan risiko menimbulkan bahaya.
 
Penelitian bertahun-tahun menunjukkan bahwa salah satu penyebab bunuh diri copycat adalah social learning. Salah satu penyebabnya adalah terpapar pada bunuh diri individu lain, misalnya dengan imitasi perilaku bunuh diri.

Pencegahan bunuh diri harus dilakukan secara berlapis. Indonesia membutuhkan pencegahan primer dan sekunder, yaitu  dengan mengubah potensi paparan yang bisa berakhir pada masalah serta deteksi dini dan melakukan penanganan sedini mungkin. (f)

Baca Juga:

5 Artikel Populer Minggu Ini : Desainer Kate Spade Meninggal Bunuh Diri – Inspirasi Puding Cantik untuk Lebaran
Penting! Kenali Tanda Depresi pada Anak
Anthony Bourdain Meninggal Dunia, Ini 5 Fakta Kehidupannya

 

Nuri Fajriati


Topic

#bunuhdiri, #katespade, #anthonybourdain, #chesterbennington, #bunuhdiri, #depresi, #kesehatanjiwa

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.