Travel
Thai Farm Cooking School, Tempat Belajar Masakan Khas Thailand di Chiang Mai

12 May 2018


Foto: TAT dan DES
 
Setelah mencoba melukis di Elephant Parade Land, Femina melanjutkan perjalanan ke Thai Farm Cooking School yang berjarak 17 km dari pusat Kota Chiang Mai. Menuju lokasi, pemandangan khas pedesaan terpampang indah dari hijaunya persawahan hingga pinggiran irigasi.
 
Thai Farm Cooking School adalah sekolah memasak makanan khas Thailand yang didirikan oleh sepasang suami-istri, Sawat dan Nathalie, pada tahun 2000. Lokasinya berada dalam perkampungan yang dikelilingi oleh area persawahan dan pertanian. Ada beberapa dapur memasak yang terpisah satu sama lain dan dikelilingi pepohonan rindang.
 
Berbeda dari sekolah  masak lainnya, Thai Farm Cooking School adalah satu-satunya sekolah memasak yang memiliki pertanian sendiri. Memang tidak semua bahan makanan yang dimasak berasal dari pertanian mereka. Tapi, setidaknya  pengunjung bisa melihat dan memetik sayuran dan buah sendiri di kebun.
 

Foto: TAT dan DES

Sang pemilik, Sawat, memang senang bercocok tanam. Beragam jenis tanaman ia kembangkan, seperti mangga, nangka, pisang, jambu biji, belimbing, kelapa, jeruk nipis, pomelo, dan rambutan. Sawat juga menanam berbagai jenis tanaman bumbu masak dan rempah, seperti sayuran, serai, lengkuas, cabai, mentimun, ketumbar, labu, dan jahe yang tumbuh subur.
 
Biaya mengikuti kelas memasak singkat untuk kelas setengah hari sebesar 1.300 baht (sekitar Rp573.000), sudah termasuk biaya penjemputan dari hotel. Per kelas minimal 2 orang peserta. Harga yang cukup bersahabat.
 
Aturan mainnya,  tiap peserta wajib memasak sendiri. Masing-masing peserta akan mendapatkan peralatan memasak, termasuk tungku kompor gas. Berbagai jenis masakan yang diajarkan, seperti tom yam kung (tom yam with shrimps), kaeng phed gai (red curry chicken), dan phad kapro gai (fried chicken with basil leaves), bisa kita pelajari di sini. Siang itu saya membuat masakan yang cukup sederhana, yaitu kluay bot chii (kolak pisang).

Simak tip perjalanan ke Chiang Mai di halaman berikutnya:
 

Desiyusman Mendrofa


Topic

#travel

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.