Travel
Ingin Berlibur Bersama Hewan Peliharaan? Perhatikan 9 Hal Berikut Ini

14 Apr 2018


Dok. Emerson Peters from Unsplash


Pergi berlibur bersama hewan peliharaan kesayangan, seperti anjing atau kucing, pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda. Bahkan, kecenderungan berlibur dengan hewan peliharaan kian meningkat dari tahun ke tahunnya. Terbukti dari semakin banyaknya maskapai penerbangan atau jasa transportasi lainnya, yang memperbolehkan hewan peliharaan ikut berpergian.

Bahkan, menurut studi AAA dan Best Western International menunjukan bahwa lebih dari setengah warga yang memiliki hewan peliharaan akan membawa anjing atau kucing dalam perjalanan liburan ke berbagai tempat.

Di Indonesia, kecenderungan ini mungkin masih sedikit, namun tak ada salahnya mencoba untuk memberikan sensasi berlibur yang tak akan terlupakan. Sebelum membawa hewan peliharaan kesayangan, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk persiapan fisik dan mental demi mendapatkan pengalaman menyenangkan bersama.

 

1/ Sebelum memulai perjalanan yang panjang, coba ajak hewan peliharaan Anda jalan-jalan dengan rute yang lebih pendek. Hal ini untuk melihat respon si hewan, dan membuatnya terbiasa diajak jalan.

2/ Utamakan keselamatan dengan membawa alat-alat penunjang. Misalnya seperti tali kekang pengaman atau kursi untuk hewan di mobil. Namun, selain untuk memberikan keamanan, pastikan alat-alat tersebut nyaman digunakan oleh para hewan.

3/Persiapkan kemungkinan terburuk terjadi pada hewan peliharaan Anda dengan mengumpulkan informasi rumah sakit atau klinik hewan di sekitar lokasi tujuan berlibur. Sehingga ketika terjadi sesuatu, Anda tahu apa yang harus dilakukan, siapa yang harus dihubungi dan tahu harus membawanya kemana

4/ Jangan sampai momen berlibur tersebut hanya dinikmati oleh Anda, namun tidak dengan anjing atau kucing Anda. Maka pastikan bahwa Anda siap dengan makanannya, membuatnya tetap terhidrasi dengan baik dengan memberikan minum beberapa jam sekali, termasuk memberikan waktu istirahat yang cukup.

5/ Lakukan penelitian terlebih dahulu jika ingin membawa hewan peliharaan dengan menggunakan pesawat. Sejumlah maskapai mengijinkan hewan peliharaan untuk berada di dalam kabin. Sementara yang lainnya memiliki kebijakan yang lebih ketat, dengan harus meletakkannya di area kargo

6/ Jika hewan peliharaan Anda masih terlalu kecil, lebih bijak jika tak membawanya saat traveling. Terlebih ketika Anda akan berlibur dengan menggunakan pesawat. Meletakkan anak anjing atau kucing di dalam kargo akan membuatnya ketakutan atau trauma, karena mereka akan kesulitan bernapas atau berbagai kondisi tidak menyenangkan di dalam area kargo.

7/Bagi Anda yang berencana berlibur ke luar negeri, pastikan hewan peliharaan Anda sudah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Termasuk, vaksin apa yang harus dilakukan jika ingin masuk ke negara tersebut. Karena jika tidak dipenuhi, alih-alih berlibur dengan hewan peliharaan, mereka justru akan dikarantina.

8/ Jangan lupa mengalungkan identitas dan kontak yang bisa dihubungi pada leher hewan peliharaan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi kucin atau anjing Anda hilang saat sedang berlibur bersama.

9/ Sebelum terbang menggunakan pesawat, bermainlah dengan hewan Anda hingga mereka merasa lelah. Sehingga selama penerbangan mereka akan lebih mudah tertidur. Atau siapkan minyak lavender, untuk membantu membiat anjing dan kucing merasa relaks selama berada di pesawat. (f)

Baca Juga :

Ini Bukti Keindahan Watu Karung, Pacitan, yang Jadi Tempat Syuting Film Kulari Ke Pantai
6 Kiat Sukses Dapat Promo di Pameran Wisata
6 Atraksi Baru Di Dubai Yang Bisa Anda Coba



Citra Narada Putri


Topic

#traveling

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.