Travel
Cantiknya Mandalika, Kawasan Wisata di Lombok Tengah

10 Aug 2018


Foto: Dok. Feminagroup

Pulau Lombok sedang diguncang gempa. Setelah gempa skala 6,9 Skala Richter yang menewaskan ratusan korban jiwa, bumi Lombok kembali diguncang gempa susulan pada Kamis (9/8/2018) pukul 12.25 WIB dengan kekuataan 6,2. Kali ini menimpa Lombok bagian Utara.
 
Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Tercatat ada 6000 wisatawan asing yang harus dievakuasi pasca gempa pertama pada Minggu (7/8/2018) lalu, termasuk selebritas dunia yang dikabarkan sedang dievakuasi ketika terjadi gempa pertama pada 7 Agustus 2018 lalu, seperti penyanyi John Legend dan istrinya, model Chrissy Teigen, keluarga David Beckham, juga penyanyi lawas Gary Barlow.
 
Sejak lama orang mengenal Lombok sebagai kawasan wisata alternatif selain Bali. Pantai Senggigi, pulau-pulau gili, selama ini menjadi tujuan utama traveler. Namun, bila menyaksikan vlog Jokowi saat pembukaan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, kawasan khusus pariwisata yang dilengkapi berbagai fasilitas hotel dan resort, maka Mandalika bisa menjadi destinasi wajib kunjung. Bahkan direncanakan, di kawasan ini akan dibangun sirkuit balap.
 
Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Mandalika adalah kawasan seluas sekitar seribu hektare yang memiliki garis pantai yang indah, berpasir putih dan laut biru kehijauan. Nama Mandalika diambil dari cerita rakyat Putri Mandalika yang bernasib tragis memilih terjun ke laut karena tidak mau ada konflik antar para pemuda yang ingin melamarnya.
 
Mungkin Anda pernah mendengar Pantai Kuta di Lombok –Kuta yang bukan di Bali- ya, pantai ini terletak di kawasan Mandalika. Kuta di Lombok ini seperti menjadi ‘pintu masuk’ Mandalika, yang jarak tempuhnya sekitar 30 menit saja dari bandara. Kuta di Lombok sebetulnya sudah lebih lama dikenal, sebelum nama Mandalika dikedepankan.
 
Sebagian traveler juga menganggapnya lebih ok karena tidak terlampau padat wisatawan dan lebih bersih daripada Kuta Bali yang memang sudah menjadi kawasan wisata legendaris yang tak pernah sepi pengunjung. Letaknya lumayan gampang dijangkau, sekitar 30 menit dari bandara Lombok dan tidak jauh dari Masjid Nurul Bilad yang baru diresmikan Presiden Jokowi.
 
Spot lain di kawasan Mandalika yang wajib kunjung adalah Pantai Seger, yang letaknya berdekatan dengan Kuta. Sepertinya, Pantai Seger ini akan menjadi populer karena di sini menjadi tempat tradisi adat bau nyale yaitu mencari cacing laut seperti halnya masyarakat adat Sumba. Masyarakat setempat menganggap cacing nyale adalah jelmaan Putri Nyale.
 
Anda yang penyuka surfing? Pergi saja ke Pantai Garupuk karena di sini disebut-sebut memiliki ombak terbaik untuk surfing di pantai-pantai yang termasuk kawasan Mandalika seperti Kuta, Seger, Serenting, Tanjung Aan. (f)

Baca Juga:
Memanjakan Mata dengan Pesona Lombok
Pulau Jawa Jadi Pulau Terbaik di Dunia Versi Travel & Leisure
4 Fakta Tentang Taman Nasional Gunung Rinjani, UNESCO Geopark Dunia Terbaru


Yoseptin Pratiwi


Topic

#travel, #lombok, #jalanjalanlombok

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.