Reviews
3 Musik K-Pop Wajib Dengar Minggu Ini: Faces of Love - Suzy Hingga Poet Artist - Jonghyun 'SHINee'

10 Feb 2018


Foto : JYP, SM, YG Entertainment

Buat akhir pekan Anda semakin berwarna dengan mendengarkan tiga album KPOP berikut.

Poet | Artist
SHINee Jonghyun/ SM Entertainment

Setelah kepergiannya yang mendadak akhir 2017 lalu, Jonghyun 'SHINee' memberikan album ini sebagai kenang-kenangan indah bagi penggemarnya. Album ini makin membuktikan kepiawaian Jonghyun sebagai penyanyi dan pencipta lagu.

Lagu Shinin' yang menjadi andalan, sempat menempati posisi teratas chart musik Korea dan Music Bank. Album ini pada akhir Januari juga menempati posisi pertama iTunes chart di 24 negara seperti Argentina, Brazil, Chile, Denmark, Finlandia, Yunani, Guatemala, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Norwegia, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand,dan  Turki. Plus,  posisi dua iTunes album charts di Amerika Serikat dan Australia.

Keberhasilan album ini bukan sekadar faktor emosional, namun lagu-lagunya memang  mudah dinikmati. Shinin’ dengan mudah melekat di kepala dan membuat Anda ingin menggerakkan badan. 10 lagu lainnya juga bernuansa pop dengan sentuhan elektro yang menampilkan suara indah Jonghyun, seperti lagu Only One You Need, #Hashtag, Grase, Take the Drive, Sightseeing, dan Rewind. Favorit Femina adalah Before Our Spring, yang melankolis dan menghanyutkan. Liriknya juga mengingatkan pada Jonghyun yang ‘pergi’ jauh sebelum musim semi yang hangat datang.  

Return
iKON/ YG Entertainment

Lewat album ini, boy group iKon bisa dibilang sukses comeback. Pada 10 Februari, Return berada pada posisi keempat pada tangga album dunia Billboard. Lagu Love Scenario andalan album kedua mereka ini, berhasil menduduki peringkat pertama pada seluruh tangga lagu situs musik Korea seperti MelOn, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada. Istilahnya Perfect All Kill! Tak heran, karena lagu ini begitu enak di telinga.

Secara keseluruhan, lagu-lagu iKon terasa lebih ‘kalem’ dan berbeda dari kesan party yang biasa mereka bawakan. Gaya musik mereka jadi lebih luas. Lagu Beautiful, meski ada sedikit rap, terasa sangat pop. Lagu Don’t Forget malah terasa ballad. Sementara lagu Jerk dan Best Friend terasa sebagai lagu slow rock yang manis.  

Yang menarik, 12 lagu dalam Return ditulis dan diproduseri oleh leader iKon, B.I. “Saya berusaha keras untuk menunjukkan kemampuan anggota iKon yang telah meningkat, baik emosi, ekspresi, dan olah vokal,” ujar B.I yang menyanyi solo dalam lagu One And Only.
 
Faces of Love
Suzy / JYP Entertainment

Ini adalah mini album solo milik anggota girl group miss A yang baru saja bubar. Sesuai judulnya, tujuh lagu dalam album ini menggambarkan perasaan-perasaan seseorang saat jatuh cinta; sedih, senang, khawatir, hingga frustasi.

Dibuka dengan lagu I’m in Love With Someone Else, ballad ciptaan Armadillo, yang bernuansa sedih. Disusul lagu Holiday yang memperkenalkan penyanyi rap yang sedang naik daun di Korea, DPR LIVE, suara Suzy yang lembut mampu membangun suasana santai pada lagu yang dipengaruhi musik R&B ini.
“Kalau harus memilih, saya paling suka dengan lagu Sleeplessness, bukan karena saya ikut andil dalam pembuatan liriknya, tapi karena lagu ini membangkitkan kenangan lama yang membuat saya ingin menangis,” aku Suzy.

Album ini diterima baik oleh publik Korea, dan berhasil menduduki posisi atas chart musik di Korea. (f)




 


Nuri Fajriati


Topic

#koreancorner, #kpop

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.