Profile
Clare Waight Keller, Pemimpin Givenchy Yang Merancang Baju Pengantin Meghan Markle

4 Feb 2019


Foto: Dok. Givenchy
 
Masih lekat dalam ingatan, Mei 2018, ketika seluruh mata terfokus pada royal wedding Meghan Markle dan Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris.
 
Setelah membuat publik menduga-duga, akhirnya terungkap bahwa Meghan akan mengenakan gaun pengantin dari Givenchy yang didesain langsung oleh artistic director, Clare Waight Keller.
 
Diangkat sebagai artistic director wanita pertama yang mengepalai Givenchy pada Oktober 2017, Clare tak hanya menggarap koleksi busana ready to wear wanita, tetapi juga mengepalai lini busana pria, aksesori, dan wewangian dari rumah mode berusia tua itu.
 
Clare diberi kebebasan untuk membawa Givenchy dalam visi dan talenta yang dimilikinya. Salah satu gerakan visionernya adalah dengan menggelar couture show pada Januari 2018, setelah Givenchy vakum selama 8 tahun lamanya. Keputusannya ini ternyata justru mendulang kesuksesan karena memecahkan rekor jumlah pesanan tertinggi untuk kategori haute couture sepanjang sejarah Givenchy!
 
Dalam kategori busana siap pakai, wanita Givenchy versi Clare memiliki gaya berpakaian tegas, bernyali, dan memiliki selera yang baik. Dalam keseluruhan koleksi, baik koleksi pakaian wanita maupun pria, ada tiga hal yang dikedepankan Clare, yakni kekuatan, sentuhan drama, dan kepercayaan diri.
 
Clare menggelar koleksi terbarunya, spring sumer 2019, dengan menampilkan koleksi pakaian wanita dan pria pada panggung yang sama. Melebur dengan santai mendobrak gender code. Sangat kekinian!
 
Pada pergelaran ini koleksi pria Givenchy juga menampilkan warna-warna yang menarik, seperti biru dan ungu lembut. Hal ini membuka spectrum yang lebih luas bagi para wanita yang juga menginginkan koleksi yang unisex. Trench coat dan celana bergaris pinggang tinggi dengan kantong cargo ala militer hadir sebagai highlight koleksi.
 
Desember tahun lalu, Clare dianugerahi penghargaan British Fashion Award sebagai British Womenswear Designer of The Year. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Duchess of Sussex, pengantin Pangeran Harry, yang gaunnya ia rancang. (f)

Baca Juga:

Yuk, Kenalan Dengan Desainer Di Balik Brand Byo: Tommy Ambiyo By
Anthony Tandiyono, Desainer Muda Jebolan Lomba Perancang Mode 2017
Desainer Di Balik The Theme By Novi Susanti Yang Fun, Colorful, dan Edgy


Arni Kusumadewi


Topic

#profil, #givenchy