Money
Sudah Coba Dompet Digital? Ketahui 5 Fakta Berikut

18 Jun 2017


Foto: Pixabay

Suka belanja di online shop dan masih juga menggunakan transfer sebagai cara pembayaran? Kini saatnya Anda beralih ke dompet digital!

Tapi, sebelum mencoba, cek 5 fakta terkait dompet digital dan industri e-commerce berikut ini.

1/ Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2016 mencatat jumlah pengguna ponsel pintar serta pengakses internet di Indonesia mencapai 132,7 juta orang.

2/ Jumlah pengakses internet jelas akan meningkatkan transaksi belanja online. Kementerian Komunikasi dan Informasi RI memprediksi, jumlah nilai transaksi pada tahun 2020 akan mencapai USD 130 miliar atau sekitar Rp172,4 triliun. Sayangnya, tingginya jumlah transaksi e-commerce tidak diimbangi dengan jumlah kepemilikan akun bank ataupun kartu kredit.

3/ Data Bank Dunia (World Bank) tahun 2014 menunjukkan hanya 36 persen orang dewasa yang memiliki rekening di lembaga keuangan formal. Dari jumlah itu, hanya 13 persen yang melakukan peminjaman di lembaga keuangan formal.

Baca juga:
Menabung dengan Pendapatan Pas-pasan
Ini 4 Godaan Kala THR Tiba

Waspadai Trik Toko untuk Menggoda Konsumen

4/ Padahal, dompet digital bisa memberikan pengalaman transaksi online dan offline yang mudah dan aman. Dari membeli jajanan, beli pulsa, bayar tagihan, investasi, transfer uang dan transaksi finansial lainnya.  

5/ Dompet digital atau e-wallet juga bisa membantu para merchant e-commerce untuk mengembangkan bisnisnya. “Terutama untuk menjangkau konsumen-konsumen baru yang tak punya akses bank,” ujar Himelda Himelda Renuat, Chief Marketing Officer DOKU.

Pengguna e-wallet seperti DOKU tidak perlu repot membuka rekening di bank dan transaksi cukup dilakukan lewat ponsel pintar mereka. Anda cukup mengakses e-wallet lewat website atau mengunduh aplikasi e-wallet lewat Google Play Store atau App Store. (f)  

Baca juga:
 

Desiyusman Mendrofa


Topic

#tipkeuangan

 

polling
Dana Darurat

Idealnya, kita memiliki tabungan khusus untuk situasi darurat, yang biasa disebut dengan dana darurat. Jumlahnya, setidaknya 3 kali pengeluaran bagi lajang, sedangkan bagi mereka yang sudah berkeluarga diharapkan memiliki dana darurat sebesar 6 kali penge

Apakah Anda memiliki dana darurat?