Money
Memilih Reksa Dana Berdasarkan Return

20 Apr 2017


Foto: Fotosearch

Sebelum menentukan reksa dana, pasti Anda menanyakan return-nya. Memang, return bergantung pada kondisi ekonomi. Ranga Chand, penulis Getting Started with Mutual Funds menjelaskan, ada beberapa acuan untuk menentukan return.
  • Reksa dana pasar uang, return-nya hampir sama dengan tingkat suku bunga deposito. Jumlahnya mungkin tidak sebesar yang diharapkan, tapi reksa dana tipe ini juga memiliki risiko kerugian yang kecil.
  • Reksa dana pendapatan tetap, return-nya sekitar 1-3% di atas deposito. Risiko kerugian juga kecil, cocok bagi kita yang lebih suka main aman.
  • Reksa dana campuran, return-nya cenderung di atas reksa dana pendapatan tetap. Namun, Anda harus siap mengalami kerugian jika kondisi ekonomi ada masalah. Maklum, sebagian besar reksa dana campuran dialokasikan ke saham.
  • Reksa dana saham, return-nya bisa mencapai 30% namun tetap bergantung situasi ekonomi dan politik negara. Suatu saat Anda bisa mengalami keuntungan besar, bahkan mencapai 100%. Namun, bukan nggak mungkin juga Anda rugi dalam jumlah yang sama. Namun jika Anda berniat menginvestasikan uang dalam jangka panjang, reksa dana saham pas jadi pilihan. Selama bertahun-tahun, returnnya terbukti selalu bertambah. (f)
Baca juga:
Trik Memilih Manajer Investasi
Perhitungan Dana untuk Orang Tua
4 Langkah Memaksimalkan Investasi

Saparinah Mumpuni


Topic

#reksadana

 

polling
SEA GAMES 2017

SEA GAMES 2017 sudah berlangsung sejak 19 Agustus lalu hingga 30 Agustus mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejumlah pertandingan dari beragam cabang olahraga pun digelar.

Dari beragam cabang SEA GAMES 2017, mana yang paling bikin Anda tertarik untuk tonton di TV?