Money
Manfaat Investasi Obligasi

17 Jul 2017


Foto: Fotosearch

Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan adalah obligasi. Apa keuntungannya? Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh lembaga atau negara yang digunakan untuk berutang.  Jika membeli obligasi, Anda akan mendapatkan keuntungan bunga (layaknya bunga bank seperti di tabungan atau deposito) yang disebut kupon bunga di setiap periodenya. Setiap obligasi memiliki waktu jatuh tempo, yang berarti seluruh modal yang Anda gunakan untuk membeli obligasi akan dikembalikan pada Anda.
 
Misal, pemerintahan mengeluarkan obligasi dengan bunga kupon sebesar 8% setiap bulan.  Obligasi pemerintah ini mempunyai masa jatuh tempo selama tiga tahun. Jika Anda membeli obligasi sebesar Rp 10 juta, maka setiap bulannya (selama tiga tahun) Anda akan mendapat kupon bunga Rp 10 juta x (8% / 12) = Rp 66,667.
 
Setelah tiga tahun, uang Rp 10 juta itu akan didapatkan kembali dari penerbit obligasi tersebut.  Jadi, selama tiga tahun total bunga yang Anda dapatkan sebesar Rp 2,4 juta, dan pengembalian  modal awal sebesar Rp 10 juta. (f)

Anggraini Prawesti
 

Baca juga:
10 Jenis Reksa Dana Untuk Investasi
4 Tip Aman Membeli Produk Investasi di Marketplace Reksa Dana Online
Dibanding Pria, Wanita Lajang Lebih Berani Menginvestasikan Uangnya Untuk Berbisnis


Topic

#investasi

 

polling
Uang Elektronik

Belakangan ini segala transaksi dilakukan secara nontunai. Yap, bisa dibilang kini kita bergantung pada uang elektronik (seperti Flazz - BCA, e-money - Mandiri, hingga BRIZZI - BRI) untuk pembayaran transportasi online, makan di restoran, hingga tol.

Berapa jumlah uang elektronik yang Anda miliki?