Money
Berpikir untuk Resign Sebelum Mendapatkan Pekerjaan Baru? Pastikan 3 Hal ini untuk Keuangan Anda!

19 Oct 2017


Foto: Fotosearch

Idealnya, nih, kita baru berhenti kerja saat sudah mendapatkan pekerjaan baru. Namun, kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil, atau kebijakan perusahaan yang tidak bersahabat bagi karyawan, kadang membuat seseorang memutuskan resign meski belum ada pekerjaan pengganti. Jika Anda mengalaminya, atau berpikir untuk segera berhenti kerja demi ketenangan jiwa, pastikan dulu 3 hal ini agar keuangan tidak terguncang.
 
1/ Punya dana darurat
Yap, ini hal wajib bagi Anda yang memutuskan resign tanpa punya pekerjaan pengganti. Tanpa pemasukan, bagaimana Anda dapat menghidupi diri Anda? Apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Setidaknya, Anda harus punya dana sebesar 3 kali gaji (bagi Anda yang single) atau 6 kali gaji (bagi Anda yang sudah berkeluarga). Jadi setidaknya, nih, Anda tetap bisa membayar cicilan, asuransi, atau berinvestasi sambil mencari pekerjaan baru.
 
2/ Lunasi utang kartu kredit
Jika memutuskan untuk resign tanpa pengganti, pastikan Anda lunasi utang-utang konsumtif. Hindari pembayaran minimum kartu kredit Anda, lebih baik bayar sekaligus agar tidak ada utang lagi saat Anda sudah resign. Jika masih punya utang, sementara Anda tidak punya pemasukan tetap, hati pastilah tidak tenang.
 
3/ Manfaatkan peluang untuk menambah penghasilan
Jangan ragu untuk melelang barang-barang bekas Anda. Mulai dari buku, baju, hingga sepatu. Sekarang, kan, sudah ada e-commerce yang memfasilitasi Anda untuk menjual produk-produk bekas. Selain bisa menambah penghasilan, ruangan di rumah Anda juga menjadi lebih lega. (f)
 
Baca juga:
4 Hal Ini yang Menjadi Pertimbangan Saat Membeli Rumah
6 Tip Aman Bertransaksi dengan Mobile Banking
Saat Menerima Bonus, Sebaiknya Gunakan Untuk Hal Ini
 
 

Vini Damayanti


Topic

#aturuang, #resign