Money
3 Tip Menyimpan Uang Receh untuk Tabungan Liburan

13 Nov 2017


Foto: Fotosearch

Apa yang biasa Anda lakukan saat menerima uang kembalian berbelanja berupa uang receh? Menyimpannya di dompet, atau justru meninggalkannya sembarangan di atas meja? Tidak bisa dipungkiri uang receh seringkali dianggap remeh. Selain nominalnya kecil, fisiknya juga berat. Hasilnya, sering ditinggalkan begitu saja. Padahal, uang receh jika dikumpulkan secara rajin juga bisa bermanfaat, bahkan bisa digunakan untuk liburan.
 
Coba bayangkan, jika dalam sehari Anda menerima uang receh yang ditotal Rp2.000, dalam 30 hari sudah ada Rp60.000 yang terkumpul. Dalam 6 bulan, Anda bisa mengumpulkan Rp360.000, yang bisa digunakan untuk jalan-jalan ke destinasi terdekat.
 
Untuk menyimpan uang receh, berikut beberapa tipnya:
 
1/ Pisahkan nominal
Jangan satukan uang receh beda nominal. Artinya, Anda harus punya masing-masing tempat untuk tiap nominal uang receh, mulai dari Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000. Beri label di masing-masing celengan agar tidak salah masuk, atau pilih celengan yang tembus pandang. Ini juga akan memudahkan perhitungan nantinya.
 
2/ Disiplin menyimpan
Tiap kali menerima uang receh, segera masukkan ke dalam celengan. Jangan tunda hingga besok—menundanya bisa membuat Anda tergoda untuk membelanjakannya lagi. Anggap saja uang receh ini bukan milik Anda sehingga harus segera ‘disetorkan’.    
 
3/ Tentukan jangka waktu
Dengan adanya target, maka Anda jadi lebih semangat menabungkannya. Jika mau liburan dengan destinasi dekat, Anda bisa memberikan target 3-6 bulan. Namun jika mau destinasi jarak yang memakan waktu hingga 8 jam naik kereta, misalnya, maka Anda perlu menabung lebih lama, misalnya dalam jangka waktu setahun.
 
Selamat menabung dan berlibur! (f)

Baca juga:
Pencinta Film, Ini 5 Cara Hemat Nonton Bioskop!
3 Pilihan Investasi Untuk Dana Darurat
3 Alasan Mengapa Lebih Baik Anda Membayar Tunai Saat Belanja di Mal
 

Vini Damayanti


Topic

#tabungan, #liburan

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.