Home Interior
Alternatif Pengharum Lemari Yang Bisa Dibuat Sendiri

10 Mar 2019


Foto: NF

Ingin lemari harum tanpa menggunakan kamper? Coba yang sekarang sedang tren, wax sachet. Benda yang sepintas seperti lilin ini biasanya diperkaya fragrance oil dan dihias buang kering, sehingga tampak cantik dan wangi.

Wax sachet disukai karena aromanya segar, bahkan bisa disesuaikan dengan selera. Anda juga bisa membuatnya sendiri, lho.

Beberapa waktu lalu Femina mencobanya dalam workshop yang dipandu Kaminari, produsen lilin wangi artisan di toko furniture Vivere, Senayan City. Caranya tidak terlalu rumit, tinggal memanaskan wax yang terbuat dari paraffin, mencampurnya dengan fragrance oil sesuai dengan aroma yang kita sukai, lalu cetak dalam wadah silicon sambil hias menggunakan bunga kering. Setelah dibiarkan hingga wax dingin, wax sachet yang cantik dan wangi pun siap dibawa pulang.

Meski kesannya mudah, dibutuhkan ketelitian dan ketepatan saat meneteskan fragrance oil. “Hanya ada sedikit waktu untuk menyusun bunga di atas wax sebelum ia betul-betul mengeras. Bunga juga harus diletakkan hati-hati agar tidak merusak wax. Bunga yang besar harus diletakkan duluan, sementara yang berbentuk tangkai bisa ditusukkan terakhir,” ujar Vina Kosasih, founder Kaminari yang khusus belajar tentang seni membuat aneka lilin di Jepang.

Penggunaan fragrance oil dipilih ketimbang essential oil dengan pertimbangan ekonomi dan tahan wangi lebih lama. Sebelum aromanya membuat hati senang saat membuka lemari atau laci yang dihias wax sachet, saat membuatnya pun bisa menjadi efek positif. Menurut Vina, kegiatan membuat wax sachet bisa dibilang kegiatan seni yang bisa membua kita relaks.

Dimulai dari saat memilih dan membuat pola bunga kering yang akan dipakai untuk menghias, memilih aroma yang akan digunakan, hingga mengaplikasikan bunga di atas wax yang hampir mengeras. Itu semua, membuat kita lepas sejenak dari hiruk pikuk dunia.

“Karena ini terbuat dari wax, bisa leleh jika berada di suhu terlalu panas, tidak sesuai diletakkan di dashboard mobil. Dan karena memiliki elemen bunga kering, baiknya tidak diletakkan di tempat yang terlalu lembap seperti kamar mandi,” saran Vina. (f)

Baca Juga:

Strategi Jadi Kolektor Cangkir Bernilai Seni dan Berharga Tinggi
Wijaya Kusuma, Bunga Yang Dikagumi Keindahannya di Film Crazy Rich Asians
Tabebuya, Bunga Yang Viral di Surabaya Ini Juga Cocok Ditanam di Taman Rumah

 

Nuri Fajriati


Topic

#homeinterior, #waxsachet

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.