Health & Diet
Yoghurt, Produk Fermentasi yang Memberikan Beragam Manfaat Untuk Tubuh

8 May 2019


Foto: Pixabay


Tingginya intensitas aktivitas, ditambah lagi kondisi lingkungan yang tidak sehat seperti polusi udara sangat berpengaruh terhadap kekebalan daya tubuh. Sehingga rentan dan mudah terserang penyakit. Selain berolahraga secara rutin dan teratur, serta menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan baik untuk tubuh, masyarakat urban belakangan juga kerap mengonsumsi Yoghurt untuk menjaga tubuh tetap fit. Tapi benarkah yoghurt bermanfaat bagi tubuh? 
 
Martin Natadipraja, chef, foodconsultant yang juga ahli nutrisi dalam siaran media yang diterima femina mengatakan bahwa kandungan dalam yogurt yang terdiri dari bakteri lactobascillus memiliki peran penting, turut menjaga nutrisi tubuh sehingga kebal terhadap berbagai penyakit. “Bakteri lactobascillus kini sudah berkembang sehingga tak lagi identik dengan rasa asam, tapi bisa dikombinasikan rasanya dengan apa pun. Terbukti dengan banyak beredanya produk yoghurt berasa manis. Karena memang memakai bakteri yoghurt yang manis,” katanya.
 
Emilia E Achmadi, MS, RD, ahli gizi pun menyebutkan bahwa yoghurt merupakan camilan sehat yang baik untuk pencernaan. Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, yoghurt juga memberi khasiat kecantikan mulai dari melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga menyehatkan rambut. “Beberapa manfaat dari yoghurt antara lain adalah dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2. Selain itu, kandungan probiotiknya juga melindungi kita dari bahaya logam berat yang terdapat dalam polusi udara. Sedangkan asam laktat di dalam yoghurt berfungsi sebagai agen eksfoliasi kulit,” kata Emilia.  
 
Emilia menambahkan, yoghurt juga berperan sebagai eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati yang membantu meremajakan kulit. Selain mengatasi kulit kusam, yoghurt juga menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Kandungan protein di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang berpengaruh pada elastisitas kulit. 
 
Bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut, Emilia juga menyarankan untuk mengonsumsi yoghurt dan menggunakannya sebagai masker rambut. Bisa digunakan 10 menit sebelum keramas. “Kandungan asam laktat dalam yoghurt membantu untuk eksfoliasi dan mengangkat residu di kulit kepala. Sementara kandungan vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut,” tuturnya.  
 
Sementara itu, Iwan Santoso, Direktur Utama PT. Prima Lakto Sehat, produsen minuman yogurt Yoforia menyebutkan minuman praktis ini cocok untuk kaum urban yang sangat sibuk, dalam berbagai kegiatan. Untuk orang-orang yang kerap mengalami masalah bau mulut selama berpuasa pun, bisa mengonsumsi yoghurt untuk membantu meredam penyebaran bakteri penyebab bau mulut. “Walau dibuat beraneka rasa, namun  tetap menghasilkan nilai kesehatan yang tinggi. Rasa manis pada yoghurt bukan karena banyaknya gula, tetapi bakteri baik yang dipilih sudah dominan manis,” ujar Iwan. (f)
 
Baca Juga:
 
Pola Makan Lebih Sehat Dengan Memahami dan Menyayangi Tubuh
 
4 Air Gula Homemade untuk Shortcut Minuman Hangat
 

Desiyusman Mendrofa


 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.