Health & Diet
Paparan Sinar Matahari Berlebihan Bisa Menyebabkan Mata Katarak

16 Apr 2018


Dok: Pexels


Dari simposium kesehatan mataPentingnya Perlindungan dari Sinar UV Bagi Kesehatan Mata, Jakarta, (13-14/4) terungkap fakta tentang bahaya sinar matahari langsung pada mata. Acara yang diprakarsai Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (IROPIN) itu dibuka secara resmi oleh Ketua IROPIN, Dian Leila Sari, A. Md. RO, S.Pd., M. Kes, serta dihadiri sekitar 250 Refraksionis Optisien (Eye Care Professional) dari seluruh Indonesia.

Selama ini orang lebih banyak peduli tentang bahaya sinar Ultraviolet (UV) terhadap kesehatan kulit. Kenyataannya, tidak hanya kulit, sinar UV juga berdampak buruk untuk kesehatan mata manusia.

Faktanya, sinar UV terbagi tiga yaitu sinar UV-C, UV-B, dan UV-A. Sinar UV-C merupakan radiasi UV yang paling berbahaya, sehingga tubuh harus benar-benar terlindungi. Sedangkan sinar UV-B biasa dikenal sebagai sinar radiasi yang dapat merusak kesehatan kulit, dan juga mata. Paparan sinar UV-B pada mata dapat merusak bagian kornea dan lensa.

Sinar UV-A, memiliki tingkat radiasi yang rendah, tapi juga bisa menyebabkan masalah pada mata. Paparan sinar UV-A terus menerus dapat mengakibatkan katarak. Selain itu, sinar UV-A juga dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yaitu bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata.

Tinggal di negara tropis, paparan sinar matahari akan terjadi sepanjang tahun. Apalagi sinar UV juga dapat dipantulkan dari berbagai sumber seperti air, pasir, cermin, serta permukaan cerah lainnya. \

Karena itu sangat penting untuk menggunakan sunglasses dengan desain yang mampu melindungi mata secara keseluruhan dari berbagai sudut seperti wrap-around dan oversized-sunglasses dan 100% UV Protection sebagai alat penangkal radiasi yang paling ampuh.

Selain sunglases, lensa kontak kini juga telah memiliki perlindungan dari sinar UV (ultraviolet). (f)

Baca Juga: 
Atasi Mata Lelah dengan Senam Mata
Benarkah Keseringan Main Gadget Bisa Membuat Anda Buta Sementara?

Wujudkan Mata Indah dan Sehat dalam 4 Langkah Mudah


 

 



Faunda Liswijayanti


Topic

#kesehatanmata, #katarak

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.