Health & Diet
Orang Indonesia Makin Sadar Keindahan Gigi

15 May 2018


Foto: Pixabay


Beberapa tahun belakangan, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut meningkat. Masyarakat berkonsultasi dan melakukan perawatan pada dokter gigi tidak lagi karena mengeluh sakit. Tapi, perbaikan estetika menjadi salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh para pasien.

Ketua P
ersatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jakarta Pusat, drg. Ahmad Syaukani, Sp.Ort mengatakan bahwa tercapainya estetika yang baik dalam rangkaian perawatan gigi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan faktor kesuksesan perawatan lainnya, seperti fungsi bicara, pengunyahan, dan kenyamanan serta stabilitas perawatan dalam jangka panjang.

“Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi,” kata dr Ahmad Syaukani di Jakarta beberapa waktu lalu.

Beliau menambahkan, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para dokter gigi. Para praktisi kedokteran gigi dituntut untuk lebih menguasai teknik-teknik yang secara spesifik dapat menilai masalah estetika yang ada pada pasien, menganalisis, menentukan rencana perawatan, sampai pada teknik-teknik khusus dalam melakukan perawatan gigi agar keberhasilan estetika dapat tercapai.

Oleh karena itu, lewat organisasi PDGI para dokter gigi di Indonesia akan diberikan banyak informasi, khususnya terkait perkembangan teknologi yang berbasis ilmu pengetahuan untuk diterapkan sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Sementara itu, drg. Mirza Aryanto, Sp.KG, Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia mengatakan, dari segi estetika veneer gigi kini jadi salah satu perawatan gigi yang sangat diminati.

Veneer gigi merupakan lapisan buatan untuk melapisi bagian depan gigi manusia. Tujuannya agar warna gigi menjadi lebih putih, meratakan gigi, dan menutup kerenggangan serta keretakan gigi.

Dokter gigi Mirza menambahkan, veneer gigi bersifat seumur hidup. Maka, bila sudah terpasang tidak mudah dilepas. Sekalipun bisa dilepas, pasti ada dampak buruknya misalnya terjadi kerusakan permanen. Karena itu sebelum dilakukan pemasangan veneer gigi, ada beberapa tahap perawatan yang harus dijalani pasien.

Veneer
juga bisa membuat gigi lebih sensitif karena biasanya dilakukan pengikisan gigi. “Pasien yang ingin memasang veneer gigi berkonsultasilah pada dokter gigi, bukan pada tenaga perawat kecantikan,“ saran drg. Mirza. (f)  

Baca Juga:

Memutihkan dan Memperbaiki Struktur Gigi dengan Teknik Veneer

Ancaman Sakit Gigi atau Gusi Jika Alpa ke Dokter Gigi



Desiyusman Mendrofa


Topic

#kesehatangigi, #gigi

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.