Health & Diet
Malu Karena Tak Berhenti Sendawa? Coba 5 Cara Ini

14 Nov 2017


Foto: Fotosearch

Terus-menerus bersendawa bisa membuat malu, bahkan mengganggu orang di sekitar. Menurut para ahli, kunci utamanya adalah mengendalikan udara yang masuk ke dalam pencernaan.

Berikut ini tip dari Harvard Medical School yang bisa Anda terapkan.

1/ Hindari permen karet dan rokok. Keduanya adalah dua hal paling sering menyebabkan seseorang menelan terlalu banyak udara.

2/ Hindari makanan dan minuman yang mengandung dan menghasilkan gas, seperti minuman bersoda. Bagi sebagian orang, beras merah, pepaya, dan nanas bisa membantu mengurangi produksi gas di pencernaan.  Biasakan mengunyah makanan perlahan, dalam porsi kecil-kecil, dan minum air setelah makan.

3/ Daripada duduk-duduk menonton televisi setelah makan, lebih baik gerakkan kaki Anda sedikit. Berdiri tegak dan bergerak  dapat membantu pencernaan dan membuat rasa ’penuh’ berkurang.

4/ Saat menjelang tidur, coba berbaring tengkurap atau pada sisi kanan tubuh. Posisi ini dapat mendorong udara yang terperangkap di rongga perut keluar dan mengurangi rasa begah.

5/ Terkadang, ini berkaitan dengan hal yang tidak Anda kira, seperti stres dan rasa cemas, gigi palsu, atau kawat gigi yang Anda pakai. Jika tak kunjung hilang, berkonsultasilah kepada dokter. (f)
 


Nuri Fajriati


Topic

#kesehatan

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.