Health & Diet
Makan Terburu-Buru dan Kebiasaan Perusak Kesehatan Lainnya (Bagian V)

23 Aug 2017


Foto: Fotosearch

Saat menjalani rutinitas harian, tanpa sadar kita melakukan banyaak kebiasan yang mengakibatkan gangguan kesehatan serius. Sebelum kebablasan, cek dulu penjelasan medis dr. Bastian Simorangkir dari RSUD Tarakan, Jakarta.
 
Makan terburu-buru
Proses mengirimkan rasa kenyang ke otak memerlukan waktu sekitar 20 menit. Jika makanan Anda habis hanya dalam waktu lima menit, otomatis perut belum merasa kenyang. Ini menyebabkan Anda akan terus makan sehingga memicu obesitas. Makan terburu-buru juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Soalnya, makanan yang masuk ke lambung belum hancur sempurna sehingga lambung harus bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan.
 
Memakai flat shoes
Menggunakan flat shoes tidak lebih baik dari high heels. Flat shoes cenderung tidak memberikan bantalan nyaman dan stabilitas pada kaki. Hal ini menambah risiko terkena plantat faciitis atau peradangan pada telapak kaki. Biasanya akan menimbulkan nyeri pada tulang tumit. Pada keadaan kronis, kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan pada kaki, lutut, pinggul, dan punggung.
 
Makan sambil bicara
Normalnya saat kita menelan, jalan udara menuju paru-paru akan tertutup oleh epiglotis (bagian belakang lidah). Kerja epiglotis tidak akan efektif jika proses menelan dibarengi aktivitas mulut lainnya, seperti bicara atau tertawa. Hal ini memungkinkan makanan atau minuman salah masuk ke saluran pernapasan sehingga menyebabkan penyumbatan.
Penyumbatan pernapasan yang terjadi lebih dari 6 menit dapat menyebabkan kematian karena tidak ada oksigen tersuplai ke otak.
 
Memasukkan tangan ke saku
Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan terpapar bakteri. Saat memasukkan tangan ke saku, bakteri akan terpapar pada saku. Semakin sering, bakteri akan semakin menumpuk. Bakteri yang banyak pada saku celana yang sempit dan lembap akan mudah menyebar ke bagian tubuh lain.
 
Tidur dengan riasan

Sebagus apa pun produk makeup yang digunakan bahannya tetap merupakan benda asing bagi tubuh. Membiarkan wajah terpapar bahan kimia dalam waktu lama menyebabkan jerawat, komedo, dan minyak. Selain itu, maskara serta riasan lain pada mata bisa menyebabkan iritasi, bahkan memicu kebutaan!(f)


Baca juga:


Dian Probowati


Topic

#perusakkesehatan

 

polling
Alasan Putus

Ketika menjalin cinta, maunya, sih, hubungan berlanjut hingga jenjang berikutnya alias pernikahan. Tapi, ini tidak selalu terjadi hingga akhirnya hubungan kita dan pacar pun harus berakhir.

Apa yang biasanya membuat Anda memutuskan untuk menyudahi hubungan dengan si dia?