Health & Diet
Cegah 7 Virus Berikut dengan Vaksinasi Khusus Saat Dewasa!

21 Mar 2017


Foto: Fotosearch

Ada bermacam-macam jenis vaksinasi khusus untuk orang dewasa. Selain disuntik, vaksinasi bisa diberikan dalam bentuk tablet. Jadi, nggak ada alasan, deh, kita malas divaksinasi karena takut disuntik. Berikut jenis-jenis virus yang harus dibasmi dengan vaksinasi.

Jajan sembarangan bisa menyebabkan kita mudah terjangkit virus Hepatitis A. "Virus Hepatitis A bisa masuk ke tubuh kita lewat saluran pencernaan dan menyerang organ hati. Bisa kita cegah dengan vaksi Hepatitis A yang diberikan berjangka sebanyak dua kali," jelas dr. Budi Setiawan, Sp. PD, KPTI.

Sedangkan untuk Hepatitis B, vaksin diberikan sebanyak tiga kali, juga dalam waktu berjangka. Orang yang terkena virus Hepatitis B terancam menderita radang paru-paru dan akan memicu penyakit kanker hati.

Buat yang punya daya tahan tubuh lemah, wajib divaksinasi influenza setahun sekali.

"Virus ini sebenarnya paling sering menyerang orang-orang berusia di atas 50, karena pada usia tersebut sudah mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga rentan terpapar virus influenza. Tapi vaksinasi ini ternyata juga penting untuk kita yang sudah masuk usia subur, apalagi di saat memutuskan untuk segera menikah," lanjut dr. Budi.

Virus penyakit tifus yang selama ini sering kita dengar, nama sebenarnya adalah demam tifoid yang dibawa kuman dalam makanan yang nggak bersih. Sebaiknya, sih, kita rutin divaksinasi demam tifoid tiga tahun sekali.

Meskipun sudah dewasa, kita masih bisa terkena virus MMR (Mumps, Measles, Rubella) atau biasa disebut campak, gondongan, dan rubela. Jadi bukan hanya ponakan kita, tuh, yang bisa terserang. Kita pun mungkin saja terkena virus varisela alias cacar air.

Nah, kalau orang dewasa terjangkit penyakit-penyakit tersebut bisa berdampak lebih berbahaya dibandingkan anak-anak, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Untuk mencegahnya, kita cukup divaksinasi sebanyak dua takaran dosis, terutama untuk yang berada dalam usia produktif maupun akan menikah. Alasannya, sih, supaya suatu saat bayi dalam janin kita nggak ikut terinfeksi virus juga.

Pernah dengar istilah kanker leher rahim atau serviks, dong. Menurut dr. Budi Setiawan, Sp. PD, KPTI penyakit ini berbahaya banget buat cewek, apalagi yang sudah masuk usia produktif.

Penularannya tentu saja dari kontak seksual, melalui virus HPV (Human Papilloma Virus). Karena tergolong penyakit kronis, vaksinasi dilakukan tiga kali dalam jangka waktu tertentu. So, jangan anggap remeh, karena penyakit in dianggap terparah kedua setelah kanker payudara. (f)



Topic

#vaksin, #imunisasi

 

polling
Fungsi Smartphone

Tidak bisa dipungkiri kalau smartphone, tuh, sudah menjadi teman sehari-hari kita. Maklum, semua hal bisa dilakukan di situ. Mulai dari belanja, mendengarkan musik, hingga menonton video.

Bagi Anda, apa fungsi utama smartphone selain untuk berkomunikasi via telepon atau Whatasapp?