Health & Diet
5 Kunci Bugar Saat Liburan

11 Jun 2018


Foto: Pixabay

Menghindari kantuk dengan makanan yang tepat
Lewat tengah hari, biasanya tingkat energi tubuh kita sudah mulai merosot seiring dengan turunnya suhu tubuh dan kadar adrenalin. Kalau sudah begini biasanya langsung diikuti oleh serangan rasa kantuk. Menurut Phaidon, di siang hari serangan rasa kantuk ini sebenarnya hanya berlangsung sekitar 20–30 menit saja.
 
“Idealnya, Anda memang harus meluangkan waktu untuk tidur. Namun, jika Anda ingin tetap beraktivitas, maka Anda harus mengatur menu makan siang Anda," saran dr. Phaidon.
 
 “Kuncinya ada di gula darah. Hindari makanan yang bergula, karena badan kita tidak membutuhkan gula pasir,” tegas dr. Phaidon. Kalau ingin yang manis, ganti saja dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sebagai sumber karbohidrat pilih roti gandum atau nasi beras merah.
 
Phaidon menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum air setiap kali selesai makan. Sebab, menurutnya hal ini bisa menghambat kerja enzim pencernaan dalam mengolah karbohidrat dan lemak.

“Tunggu dulu hingga satu atau dua jam setelah makan, ” ujar dr. Phaidon sambil mengingatkan untuk mengonsumsi air sebanyak dua liter sehari. Jumlah dua liter ini untuk mengganti jumlah air yang dibuang tubuh melalui keringat atau urin. 
 


Topic

#health, #diet, #bugar

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?