Health & Diet
5 Kunci Bugar Saat Liburan

11 Jun 2018

 
Foto: Pixabay
 
Olah raga terlalu pagi tidak maksimal untuk tubuh
Mengawali aktivitas terlalu awal, seperti olah raga di pukul 5 pagi juga tidak akan memberi manfaat yang maksimal bagi tubuh. Memang benar, di saat ini hormon melatonin penyebab kantuk sudah mulai menurun, tapi suhu tubuh masih rendah dan kondisi otot masih belum panas. Namun kondisi ini akan berkembang seiring waktu.
 
Sekitar pukul tujuh pagi, suhu tubuh mulai meningkat secara bertahap. Hal ini langsung diikuti oleh meningkatnya serotonin, yaitu hormon peningkat mood. Ambil waktu sejenak untuk berjemur diri di hangatnya sinar matahari, karena hal ini dipercaya mampu memperkuat kinerja serotonin. Dengan begitu Anda punay cadangan mood bagus sepanjang hari!
 
Badan kita berada pada titik puncak performa tiga jam setelah bangun tidur. Kalau Anda terbiasa bangun pukul tujuh pagi, maka sekitar jam sepuluh pagi tubuh berada pada kondisi optimal. Pada jam-jam ini, darah sudah mengaliri tubuh dengan sempurna.

Gula darah yang menyuplai energi untuk kerja otak tinggi, demikian juga hormon testoteron. Ibarat mobil yang baru dipanasi, semua sistem syaraf yang menggerakkan tubuh berada dalam kondisi siap pakai.


Topic

#health, #diet, #bugar

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?