Health & Diet
4 Fakta Tes Genetik sebagai Langkah Antisipasi Dini Penyakit

19 Jun 2017


Foto: Pixabay
 
Anda mungkin pernah melihat uji gen DNA (Deoxyribonucleic Acid) ini di serial drama televisi Crime Scene Investigation (CSI). Dari sampel tubuh seseorang bisa diketahui siapa pelaku kejahatan yang sesungguhnya. Kini, teknologi ini juga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat luas.

Berikut 4 fakta tentang manfaat tes genetika ini sebagai langkah antisipasi dini penyakit.

1/ Pemetaan DNA dapat menemukan kondisi fisik seseorang termasuk kerentanan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
 
Ada sekitar 100 potensi penyakit yang akan dianalisis dari DNA kita, antara lain penyakit jantung, aneka kanker mulai dari kanker payudara, otak, usus, mulut, paru-paru, ovarium, tiroid, dan hati.
 
2/ Pemetaan DNA juga dapat mengetahui potensi seseorang mengalami fobia sosial, seperti rasa cemas dan sulit bergaul.
 
3/ Potensi seseorang mengalami diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, penyakit ginjal diabetes, penyakit mata diabetes, hingga penyakit saraf diabetes juga dapat diketahui sejak bayi lewat pemeriksaan DNA.
 
4/ Lewat analisis DNA juga kita juga dapat tahu potensi mengalami penyakit seperti demensia, Parkinson, skizofrenia, hingga batu ginjal.
 
5/ Mau tahu apakah Anda akan lekas jadi botak dan mudah mengalami kerontokan rambut? Baru-baru ini Map My Gene, sebuah konsultan bioteknologi profesional di Jakarta, menawarkan Tes Genetika Kerentanan Penyakit yang menguraikan dan mengetahui gen dalam tubuh lewat uji laboratorium di Amerika Serikat.

Lewat berbagai penelitian, para ahli menemukan faktor genetika memiliki peran dalam menentukan risiko seseorang mengalami suatu penyakit di masa datang. Tentu risiko ini akan menjadi meningkat jika gaya hidupnya buruk, atau sebaliknya akan menurun jika gaya hidupnya sehat. (f)
 

Nuri Fajriati


Topic

#InfoSehat

 

polling
Dana Darurat

Idealnya, kita memiliki tabungan khusus untuk situasi darurat, yang biasa disebut dengan dana darurat. Jumlahnya, setidaknya 3 kali pengeluaran bagi lajang, sedangkan bagi mereka yang sudah berkeluarga diharapkan memiliki dana darurat sebesar 6 kali penge

Apakah Anda memiliki dana darurat?