Health & Diet
4 Cara Menghindari Mata Lelah

19 May 2017


Foto: Fotosearch

Sebagai karyawan kantor yang sehari-harinya bekerja di depan layar komputer, kita perlu mewaspadai kesehatan mata. Jangan sampai, deh, penglihatan terganggu sehingga pekerjaan kita terhambat. Agar kerja lancar dan hasilnya maksimal, yuk, siasati ‘hubungan’ kita dengan layar komputer dengan cara….
  • Jarak pandang tepat
Mata minus alias rabun jauh dapat dihindari dengan cara mengatur jarak pandang layar komputer dari mata—yaitu 50 cm atau sepanjang lengan. Posisi monitor bagian tengah juga harus ada di bawah pandangan agar mata relaks dan otot terhindari dari rasa kaku saat mengetik.
  • Atur cahaya
Buat mata senyaman mungkin dengan cara mengatur kontras dan gelap terang (brightness) monitor. Yang nggak kalah pentingnya, bersihkan selalu monitor dari debu agar kualitas tampilan tidak menurun. Mata nggak perlu bekerja keras, deh, untuk melihat objek di layar.
  • Alihkan pandangan
Menyelesaikan tugas tepat waktu memang wajib. Tapi, usahakanlah untuk mengistirahatkan mata tiap 20 menit untuk memandang tanaman hijau atau objek dengan jarak minimal enam meter selama 20 detik. Efektif, tuh, menenangkan otot mata.
  • Pasang filter
Filter di monitor komputer berfungsi menahan radiasi agar tidak sampai ke mata. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kita untuk memasangnya. Pilihan lainnya: memakai kacamata anti radiasi untuk menghindari mata nyeri karena memandang layar terlalu lama. (f)

Baca juga:
Stres Bisa Mengakibatkan Bau Badan?
4 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Tulang
Ketika Tersiram Minyak Panas, Lakukan 4 Langkah Berikut
 

Vini Damayanti


Topic

#kesehatanmata

 

polling
Dana Darurat

Idealnya, kita memiliki tabungan khusus untuk situasi darurat, yang biasa disebut dengan dana darurat. Jumlahnya, setidaknya 3 kali pengeluaran bagi lajang, sedangkan bagi mereka yang sudah berkeluarga diharapkan memiliki dana darurat sebesar 6 kali penge

Apakah Anda memiliki dana darurat?