Health & Diet
4 Cara Belajar Mencintai Sayur dan Buah

19 Apr 2017


Foto: Fotosearch

Belakangan ini makin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat, bahkan memilih menjadi vegetarian. Tujuannya nggak cuma untuk melangsingkan dan menjaga kesehatan tubuh, tapi juga mengurangi dampak pemanasan global akibat proses peternakan. Anda tertarik menjajalnya? Ada trik khusus, nih, untuk pemula.
 
1/ Bertahap
Jangan berhenti makan daging merah secara ekstrem. Lebih baik mulai dengan mengurangi porsinya, misal di minggu pertama Anda hanya mengonsumsi 10 suapan daging semur. Setelah berhasil tidak menyentuh daging merah sama sekali, barulah Anda bisa mencoba berhenti makan ayam maupun ikan.
 
2/ Variasi
Agar nggak monoton, konsumsilah beragam lauk pauk. Mulai dari tahu, tempe, sayuran berwarna, kacang-kacangan, dan jamur. Hindari makanan digoreng atau bersantan. Usahakan sarapan dengan protein dan serat—jangan hanya kopi dan roti—karena tubuh perlu banyak energi di pagi hari.
 
3/ Waspada godaan
Menghadiri pesta ultah perusahaan atau pernikahan merupakan godaan besar. Agar nggak tergoda kambing guling, sate ayam, atau bakso, sebaiknya isi perut dulu, deh, sebelum kondangan. Jadi, di pesta Anda puas walau hanya makan salad, buah, atau puding.
 
4/ Komunikasi
Hidup dikelilingi orang-orang yang non-vegetarian bukanlah perkara mudah. Apalagi kalau biasanya kita menyalurkan stres lewat makanan. Sebagai gantinya, ngobrollah dengan komunitas vegetarian. Selain bakal saling mendukung, Anda juga bakal mendapat pengetahuan baru dari mereka! (f)

Baca juga:
4 Kerugian Jika Tidak Suka Sayur
Santap Buah yang Bermanfaat Sebelum atau Sesudah Makan? Baca yang Satu Ini
Konsumsi Jus Sayur dan Buah Sembuhkan Kanker? Ini Jawabannya

 
 

Vini Damayanti


Topic

#gayahidupsehat

 

polling
SEA GAMES 2017

SEA GAMES 2017 sudah berlangsung sejak 19 Agustus lalu hingga 30 Agustus mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejumlah pertandingan dari beragam cabang olahraga pun digelar.

Dari beragam cabang SEA GAMES 2017, mana yang paling bikin Anda tertarik untuk tonton di TV?