Family
15 Menit Yang Mengubah Hidup Anda

24 Sep 2017


Foto: Pixabay

Apakah Anda sering merasa kekurangan waktu dalam sehari sehingga tidak bisa mengerjakan sesuatu yang menjadi passion Anda? Boro-boro punya me time, sepulang kerja, tumpukan cucian dan piring kotor telah menanti, belum lagi rengekan anak yang ingin ditemani dan suami yang juga butuh perhatian Anda.

Survei yang dilakukan Sunlight baru-baru ini mengungkap bahwa wanita Indonesia sebenarnya sosok yang ingin maju (progress seeker) dan masih memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan impian mereka.

“Nyatanya, wanita Indonesia dihadapkan dengan berbagai kesibukan yang menyita waktu, Di balik survei Unilever yang menyebutkan bahwa 7:10 wanita mengaku kurang waktu, namun 60% di antaranya berusaha mengejar mimpinya sekalipun mereka telah bekerja dan berkeluarga,” papar Veronika Utami, Head of House Hold Care PT Unilever Indonesia Tbk.
Di Indonesia, pekerjaan domestik, lebih banyak menjadi tanggung jawab wanita. Apalagi jika mereka sudah memiliki anak, sehingga tak heran jika banyak wanita mengesampingkan kepentingannya sendiri.

“Sudah menjadi naluri wanita sepertinya untuk mendedikasikan waktunya bagi orang-orang yang dicintainya. Jika ia menghabiskan waktu untuk dirinya, tak jarang terbesit perasaan bersalah,” kata psikolog Ratih Ibrahim.  Hal ini yang menyebabkan wanita menjadi tidak bahagia karena kebutuhannya akan aktualisasi diri terpinggirkan.

Padahal yang diyakini adalah happy mom, happy family. “Ibu yang bahagia akan membawa sinar kebahagiaan pada orang-orang di sekitarnya,” ungkap Ratih. Apalagi jika wanita melakukan kegiatan yang inspiratif, bisa memperkaya pengembangan dirinya dan mendapat nilai ekonomis dari kegiatannya tersebut.

“Wanita yang bahagia itu jadi lebih cantik dan menyenangkan, lho. Dan itu akan berimbas anak-anak dan suami pun menjadi lebih mencintai,” kata Ratih.

Agar bisa menyeimbangkan hidupnya, hanya dibutuhkan waktu 15 menit sehari saja untuk melakukan sesuatu yang bisa mengembangkan dirinya, misalnya saja belajar sesuatu yang baru atau menjadi passion terpendamnya selama ini. (f)


Reynette Fausto


Topic

#metime