Career
Kiat Membangun Personal Branding untuk Profesional dan Wirausaha

11 Feb 2018


Foto: Pixabay

Seperti halnya di dunia nyata, setiap orang juga perlu membentuk personal branding-nya di dunia digital. Bahkan digital personal branding kini dinilai jauh lebih penting. Mengapa?

Karena di dalam ekonomi global, semua hal terkait dengan digital. Banyak pekerjaan yang terhubung dengan digital. Google dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, serta Linkedin memiliki ‘kecerdasan’ dalam memberikan hasil yang lengkap tentang siapa Anda, di mana lokasi Anda, hingga apa saja yang Anda kerjakan. 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun personal branding.

Personal Branding untuk Profesional
Perlu diingat bahwa brand diri mewakili juga perusahaan di mana kita bekerja. Apa pun yang kita perbuat dan lakukan, akan membawa nama baik perusahaan. Menggabungkan dua brand yaitu diri dan korporasi tempat bekerja dikenal dengan istilah cobranding.

Perusahaan mengelola brand korporasi dan ditambah dengan usaha personal untuk mengelola brand diri sendiri akan menjadi sinergi yang baik. Dalam hal ini profesional harus bisa memahami branding korporasinya secara baik dan menyeluruh, sehingga dalam kegiatan sehari-hari ia bisa mencerminkan semangat dan jiwa korporasinya.

Di samping ia sendiri mempunyai hal-hal baik yang menggambarkan kekuatan dirinya pribadi.

Personal Branding untuk Wirausaha
Nama seseorang sangat lekat dengan bisnis yang dimiliki dan dikembangkannya. Karena itu, pembinaan personal brand bahkan lebih urgent lagi. Pembinaan brand secara digital sudah tidak bisa lagi dihindari karena umumnya bisnis juga dikembangkan secara digital. Untuk menelusuri citra pemilik bisnis sangat mudah, sehingga akun media sosial pemilik bisnis juga harus dikelola secara profesional, di samping pengelolaan akun media sosial produk/jasanya.

Keduanya perlu bersinergi membentuk citra gabungan yang positif. Meminta bantuan profesional eksternal atau mempekerjakan seorang profesional internal untuk pengelolaan akun media sosial akan membantu pemilik bisnis membina digital personal branding-nya. (f)

Baca juga:
Stop Asal Posting! Ini Alasan Penting Anda Perlu Menjaga Reputasi Online
Personal Branding Harus Sejalan dengan Profesionalitas, Ini Alasannya
Kepuasan Menghasilkan Energi untuk Tetap Semangat Jalani Karier


 

Faunda Liswijayanti


Topic

#personalbranding, #mediasosial, #digitallife, #bisnis, #wirausaha, #cerdasbermediasosial

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.