Career
Industri 4.0 dan Kesetaraan Gender

10 Jan 2019


Foto: Shutterstock
 
Kita tidak perlu memandang revolusi industri sebagai sesuatu yang menakutkan, malah ini sebetulnya menguntungkan dalam banyak hal, terutama bagi wanita.
 
Industri 4.0 juga memberi angin positif bagi gender equality yang selayaknya sudah menjadi norma di era ini. Perubahan dalam organisasi yang disebut-sebut jadi bagian dari dunia kerja masa depan, membuat jam kerja lebih fleksibel, begitu pula tempat kerja dan kehadiran di kantor. Pekerjaan bisa dilakukan di mana saja, tidak lagi dibatasi oleh jarak. Bahkan memunculkan model usaha baru, seperti coworking space. 
 
“Industri 4.O jadi kesempatan emas bagi wanita. Mungkin dulu jarak jadi batasan, industri 4.O jadi equalizer, meningkatkan partisipasi wanita dalam dunia kerja. Kemudahan teknologi digital juga akan membantu pekerjaan rumah tangga, sehingga membantu produktivitas kerja,” ujar Lily SuryaManaging Partner Egon Zehnder Indonesia, lembaga konsultan sumber daya manusia, optimistis.
 
Di lain sisi, dengan berubahnya bisnis model korporasi, wanita di satu sisi banyak mendapat keuntungan. Pekerjaan yang mungkin dahulu memerlukan dan mementingkan tenaga fisik, sekarang yang lebih dibutuhkan strategic mindset dan agility. 
 
Hierarki dalam organisasi makin cair, sebagai model baru dalam struktur organisasi, akan memberi kesempatan yang sama bagi siapa saja, tanpa melihat usia dan gender, untuk menunjukkan kemampuannya.
 
Shinta Kamdani, Presiden Indonesia Business Coalitions for Woman Empowerment (IBCWE) dan CEO Sintesa Group, pun cukup optimistis bahwa wanita akan memiliki risiko lebih rendah terkena shifting teknologi. Tapi tentu saja, semua itu kembali lagi kepada wanita itu sendiri. Karena di era industri 4.0 teknologi digital memegang peran penting, wanita memang harus memacu diri untuk menguasai teknologi digital. Kuncinya, belajar tanpa henti!
 
Penuhi saja keahlian yang diperlukan di masa datang. “Yaitu technical computing instrumentationdrive self motivationlifelong learningjudgement strategic insight, dan collaboration engagement,” kata Lily. (f)

Baca Juga:
Selamat Datang di Dunia Kerja yang Baru
Ini Jenis Pekerjaan yang Akan Banyak Diminati di Tahun 2019
Kesetaraan Gender Juga Menguntungkan Pria
 

Nuri Fajriati


Topic

#gender, #wanitakarier