Career
Hindari Kecanggungan Saat Business Trip Dengan Lawan Jenis

12 Apr 2018


Foto: Dok. Pixabay

Pergi untuk tujuan business trip hanya berduaan dengan lawan jenis tentu bisa membuat kurang nyaman bagi sebagian orang. Agar bisa mengantisipasi situasi yang membuat canggung, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan wanita saat bertugas dinas bersama kolega prianya.

Terry Howard, seorang penulis dan senior associate di Diversity Wealth, membagikan tipnya yang dilansir situs karier www.onthemarc.org:

1/ Kenali rekan kerja yang akan berangkat bersama Anda lebih dalam lagi, sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini bisa membantu mencairkan suasana ketika Anda harus ngobrol dengannya sepanjang waktu trip. Dengan mengetahui lebih baik tentang dirinya diharapkan obrolan bisa mengalir dan hubungan menjadi tidak kaku.  

2/ Jika Anda wanita menikah atau memiliki hubungan asamara dengan seseorang, maka Anda harus memberitahu suami atau kekasih Anda. Untuk membuat partner Anda yang ditinggalkan merasa tenang di rumah, libatkan eksistensi dirinya selama durasi trip. Misalnya bisa dengan melakukan video call dan mengajaknya ‘bersama’ Anda dan kolega ketika Anda mencicipi kuliner lokal di sela padatnya urusan pekerjaan. Dengan cara itu pasangan akan merasa Anda menaruh respek terhadap perasaan dan kekhawatirannya. Sebab, bukan tidak mungkin pasangan Anda di rumah akan bertanya-tanya apa yang sedang Anda lakukan bersama pria lain selama trip.

3/ Jika Anda merasa tidak nyaman karena ajaran Angama Anda melarang untuk bepergian dengan lawan jenis, Anda bisa meminta pengaturan perjalanan terpisah. Seperti misalnya pergi dengan maskapai berbeda hingga tidur di hotel berlainan. Dan hanya bersama untuk urusan kerja saja. Jadi, ketika ada waktu kosong di luar urusan pekerjaan, Anda tidak harus selalu bersamanya.

4/ Hindari makan malam berdua, apalagi di restoran yang menyuguhkan suasana romantis. Harus diingat bahwa manusia adalah mahluk sosial yang dengan mudah bisa membangun emosi dan kedekatan didukung oleh suasana yang membangun perasaan.

5/ Jika dalam satu kesempatan Ada merasa kurang nyaman dengan pembicaraan yang sedang mengalir, maka alihkanlah dengan pembicaraan mengenai hubungan Anda dengan suami atau kekasih Anda.

6/ Jika Anda samasekali tidak ingin melakukan perjalanan hanya berdua lawan jenis, maka cari kemungkinan Anda bisa mengajak orang lain. Bisa saja mengajak anak atau bahkan suami Anda. Tentunya dengan meminta izin pada atasan Anda dulu disertai alasan keberatan Anda. (f)

Baca Juga: 

Tren Karier: 30 Persen Karyawan Masa Kini Bersedia Terima Gaji Lebih Rendah Asalkan Banyak Perjalanan Bisnis 

12 Pertanyaan Seputar Business Trip Bareng Bos (Bagian 3)

6 Keuntungan dari Perjalanan Bisnis Singkat 

Reynette Fausto


Topic

Tip Bepergian Dengan Lawan Jenis

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.