Career
Hati-Hati, Ini 5 Alasan Kualitas Tidur Buruk Bisa Bikin Karier Berantakan

13 Mar 2018


Foto : PEXELS

Bekerja keras menyelesaikan pekerjaan, boleh-boleh saja, tapi baiknya Anda tetap memastikan tubuh untuk tidur yang berkualitas.

"Insomnia dan kualitas tidur yang buruk tak hanya memengaruhi kesehatan fisik tapi juga mental, akibatnya bukan hanya pada diri sendiri tapi juga orang sekitar," ujar Aurora Lumbantoruan, psikolog dari lembaga konsultan psikologi KEARA.

Insomnia dan kualitas tidur yang buruk bukan hanya membuat Anda sering terlambat bangun dan berangkat kerja, sehingga memengaruhi penilaian prestasi, tapi juga bisa mengakibatkan beberapa hal berikut:

1. Tidak Puas Pada Hasil Pekerjaan
"Seseorang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia dan kualitas tidur buruk sering kali ketika mendapat kritik akan meresponsnya secara berlebihan. Akibatnya, mereka lebih mudah tidak puas dengan hasil pekerjaannya, merasa tidak percaya diri, dan rentan depresi," ujar Aurora dalam konferensi media bersama AMLIFE jelang World Sleep Day.

2. Sulit Mengendalikan Emosi
Diingatkan deadline adalah hal wajar dalam pekerjaan. Tapi saat kurang tidur berkualitas seseorang akan lebih sensitif, berlebihan memberi respons, dan lebih emosional. Di tempat kerja, tentu ini juga tidak berguna.

3. Tubuh Lambat Memberi Respons
Setelah lembur atau sulit tidur karena berbagai hal membuat tubuh jadi lambat. Pada pekerjaan yang membutuhkan kecepatan reaksi tubuh ini bisa memicu terjadinya kecelakaan kerja. Bukan hanya membahayakan diri tapi juga orang lain.

4. Otak Lambat Memproses Informasi
Bukan hanya tubuh, otak pun jadi lemot dalam menangkap arahan. Kata-kata dalam rapat pun mental. Bukan cuma bikin orang lain kesal, tapi juga mengganggu produktivitas pekerjaan.

5. Sulit Konsentrasi
Kualitas tidur yang buruk membuat pikiran sulit fokus, akibatnya pekerjaan jadi tidak selesai-selesai karena ada saja kesalahan di sana-sini atau sulit memikirkan solusi.

Tidur yang berkualitas bukan berarti tidur yang lama, tapi lebih penting lagi adalah tidur yang bisa membuat tubuh melakukan upaya restoratif, membuat kita merasa segar ketika bangun dan tidak mengantuk sepanjang hari. (f)

Baca juga:
Bahaya Aritmia, Penyebab Kematian Mendadak
Ini 4 Cara Agar Tetap Fit di Masa Pancaroba
Berkeringat di Malam Hari, Wajarkah?

 

Nuri Fajriati


Topic

#insomnia, #tidur

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.