Career
Berbagi Ilmu di Kantor, Kenapa Tidak? Ini Pengalaman 2 Sahabat Femina

20 Mar 2017



 
Arninta Puspitasari
Public Relations Manager, Nutrifood
“Harus Terus Belajar”

Bagaimana program learning session di perusahaan Anda?
Program learning forum di kantor saya terdiri atas berbagai bentuk, mulai dari yang bersifat informal hingga formal. Mulai dari tingkatan departemen  hingga top management. Misal, yang reguler adalah learning session antar satu departemen. Kami juga memiliki Nutrifood Leader’s Insight (NLIGHT) yang dilaksanakan sebulan sekali untuk tingkatan manajerial dengan narasumber eksternal dari berbagai bidang.

Apa manfaat yang diharapkan dari program ini?
Perusahaan tempat saya bekerja memercayai konsep continuous learning, bahwa proses belajar harus dilakukan terus-menerus, sumbernya dapat dari siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, kegiatan learning forum justru jadi bagian penting dalam keseharian kami. Yang paling kami rasakan, kantor kami berusaha mendukung karyawan untuk bisa sharing. Dengan banyak berbagi atau mengajar, ilmu yang dimiliki akan makin terasah dan malah bertambah.

Siapa yang bisa menjadi narasumber?
Sebenarnya, kantor kami memiliki budaya untuk belajar dan mengajar. Jadi, kalau ada sesi learning forum maupun bentuk training lainnya, tim internal diusahakan terlebih dulu berbagi. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kami memanggil narasumber dari luar, sesuai kebutuhan pembelajaran untuk memberikan perspektif dan insight berbeda.
 
Apa kriteria narasumber internal?
Bisa saja seseorang yang sudah membaca buku tertentu, mereka yang sudah mengikuti training di luar kantor, atau seseorang yang kami anggap expert di bidangnya baik yang relevan dengan job desc maupun skill lain yang dimiliki orang tersebut. Sesi learning forum juga bisa berupa kegiatan yang sifatnya langsung datang ke lapangan. Misal, tim event melakukan evaluasi dengan cara mendatangi acara lainnya. Dari situ, mereka bisa share tentang apa yang membuat acara itu lancar atau gagal, apa penyebabnya, dan hal lain yang bisa kita jadikan pelajaran.
 
Lalu, apa kriteria narasumber eksternal?
Tergantung kebutuhan. Misal, kami ingin mengadakan learning forum tentang spoke person dan membutuhkan ‘praktik’ berhadapan dengan media langsung. Biasanya, kami mengundang rekan media untuk menjadi narasumbernya langsung. Atau, dalam program NLIGHT yang ditujukan bagi tingkatan manajerial, maka background narasumber lebih bervariasi. Ada pembuat film, pengusaha, penggerak komunitas, dan lain-lain. Yang penting mereka bisa memberikan insight dalam hal kepemimpinan. Beberapa nama yang pernah jadi narasumber kami adalah CEO GE Indonesia, Handry Satriago, sutradara Riri Riza, dan ahli grafologi Deborah Dewi.
 
Apa manfaat yang Anda rasakan?
Sesi learning forum ini sangat berguna, dari sisi soft skill, hard skill, sampai kepemimpinan di perusahaan. Yang pasti, sebelum mengikuti learning forum, seseorang terlebih dahulu harus memahami objektif program tersebut dan kesesuaiannya dengan kebutuhan diri, baik secara pribadi maupun relevansinya dengan pekerjaan. Supaya hasilnya lebih maksimal. (f)
 


Topic

#TipKarier

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?