Career
4 Kiat Membangun Digital Personal Branding

10 Feb 2018



Foto: 123RF
 

Perhatikan beberapa hal berikut ini untuk membangun digital personal branding.

1/ Langkah awal dalam membangun personal brand adalah dengan memahami terlebih dahulu visi dan misi serta goal apa yang ingin diraihnya dalam periode waktu tertentu.

2/ Lihat input stakeholders terdekat, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perlu diidentifikasi terlebih dahulu. Tentukan target audience, dengan mempertimbangkan sejauh mana tawaran yang sudah diberikan oleh ‘pesaing’ yang juga menyasar target audience yang sama. Karena untuk membina personal brand, syaratnya adalah menawarkan sesuatu yang autentik, yang khas diri sendiri, bukan berkaca pada kekuatan orang lain.

3/ Apabila personal brand seseorang sudah terlanjur buruk, langkah awal adalah mengaudit terlebih dahulu sampai di mana keburukan tersebut di beberapa kelompok stakeholder. Mungkin saja ada beberapa stakeholder yang tidak terlalu terpengaruh dan mereka masih bisa memaafkannya.

4/ Lihat juga bagaimana status pertemanan, apakah masih ada ‘soulmate’ yang tersisa yang bisa diminta untuk menjadi pembela brand. Para pembela brand ini lah yang akan bisa mengangkat kembali kepercayaan yang telah hilang, dan dengan co-branding mereka dan komitmen untuk memperbaiki citra buruk tersebut, diharapkan kepercayaan yang sudah rendah akan meningkat kembali. (f)

Baca juga:
Stop Asal Posting! Ini Alasan Penting Anda Perlu Menjaga Reputasi Online
Personal Branding Harus Sejalan dengan Profesionalitas, Ini Alasannya


 

Faunda Liswijayanti


Topic

#personalbranding, #mediasosial, #digitallife, #tipkarier

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.