Mengenai ketenarannya ini, Ayumi Hamasaki pernah berujar, "I don't have dreams. How can i say it? I myself am a dream," tuturnya. Di bawah naungan perusahaan Avex Trax, diva pop ini telah merilis 10 album, 47 single, dan 5 album kompilasi. Lagu-lagunya sering mencetak hits dan menduduki puncak Oricon, tangga lagu bergengsi di Jepang.
Demi merebut pasar akibat drop-nya industri CD fisik, ia menjual albumnya, Next Level, dalam bentuk flash disk dengan desain bling-bling mewah khas Ayumi. Flash disk berkapasitas 2 GB ini berisi 13 lagu, 6 videoklip, dan digital booklet.
Wanita yang dijuluki sebagai Madonna-nya Asia ini juga memiliki insting bisnis yang tajam. Di 2001 ia meluncurkan brand fashion MTRLG (Material Girl), setahun kemudian membuat Ayupan, versi kartun dirinya. Demi mempopulerkan Ayupan, ia menggandeng produsen Hello Kitty, Sanrio, di beragam produk keluaran mereka, mulai dari sarung ponsel hingga produksi kamera.
Salah satu media di Hong Kong merilis beberapa foto jepretan paparazi yang merekam kemewahan interior apartemennya di distrik elit Hiroo-Shibuya, Tokyo. Salah satunya adalah toilet berlapis berlian yang dibeli dan diboyong Ayumi dari sebuah kelab malam di Hong Kong. Ia juga dikabarkan pernah memborong 70 pasang sepatu merek terkenal dalam sehari.
Sayang kehidupan cintanya tak semulus jalan kariernya. Baru setahun menikah, Januari lalu Ayumi menggugat cerai Manuel Schwarz, aktor asal Austria yang sedang merintis karier di Hollywood. Meski menyangkal, kabarnya Ayumi mengikat mantan suaminya itu dalam sebuah perjanjian tertulis bernilai 200 juta yen (Rp23.3 Milyar) demi menjamin agar kehidupan perkawinan mereka jangan sampai bocor ke media.(NJL)