Trending Topic
Valerie Thomas Membangun Brand Indie Lokal

25 Mar 2017


Foto: Dok. Pribadi

Sejak Agustus 2016, Valerie Thomas (17) turut meramaikan dunia kecantikan  Indonesia dengan mengeluarkan brand indie lokal yang diberi nama Val by Valerie. Produk berupa liquid lipstick ini diciptakan dari bahan-bahan alami dengan 12 pilihan warna, seperti merah, pink, terracotta, dan cokelat. Awalnya, Valerie termotivasi untuk menciptakan produk ini untuk ‘menutupi’ bibirnya yang tebal agar terlihat lebih menarik tanpa harus mengubah bentuk, misalnya lewat operasi. “Beberapa orang kerap sekali mengejek saya karena memiliki bibir yang tebal,” ungkapnya.

Ternyata, terobosan yang ia lakukan tersebut membuka peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Atas dukungan teman-teman dekat dan terutama keluarganya, ia pun mulai menggeluti bisnis ini dengan sangat serius. Tantangan pertama muncul dalam hal menciptakan produk lipstik sesuai keinginannya. Butuh kesabaran untuk mendapatkan formula yang bagus. Apalagi produknya alami tanpa bahan kimia. Khusus untuk menciptakan formula yang pas saja, ia membutuhkan waktu hingga 2 tahun.

“Saya sempat menyerah, dan ingin menyudahi karena prosesnya sangat lama,” katanya. Berkat dukungan ibunya, Ina Thomas, Valerie pun mampu melewati proses panjang yang begitu rumit.

Tidak berhenti di formula produk, pengurusan izin edar dari BPOM, serta sertifikasi halal dari MUI juga butuh waktu. “Untuk pengujian butuh waktu sekitar 10 bulan. Tak hanya produknya, saya juga melakukan uji coba kemasan,” ungkapnya.

Untuk varian warna yang dihadirkan, idenya justru berangkat dari tone kulitnya dan kulit keluarga besarnya. Sehingga, warna-warna yang tersedia cocok untuk warna kulit apa pun. “Kulit saya sedikit gelap, sementara keluarga besar saya memiliki kulit yang cerah,” katanya.

Menargetkan produknya untuk wanita usia 15 hingga 50 tahun, Valerie sadar benar bahwa persaingannya akan sangat ketat. Tapi, Valerie tidak terlalu memikirkan hal itu. Karena baginya, produk lipstik ini merupakan salah satu cara ia menghargai kecantikan wanita. “Saya tidak pernah merasa berkompetisi dengan brand baru maupun brand  lain yang sudah lebih dulu terkenal,” katanya.

Hingga kini, pemasaran produk Val by Valerie ini masih dilakukan secara online. Selain di Indonesia, penjualan memasuki beberapa negara di Asia, dan dalam waktu dekat akan didistribusikan di Eropa.

Untuk memperkenalkan produknya di Eropa, Valerie bekerja sama dengan beberapa fotografer di London, Inggris, untuk melakukan pemotretan produk. Ia sendiri yang menjadi modelnya. “Selain sekolah, saya juga melakukan pemotretan dan mengontrol bisnis saya dari jarak jauh,” ujar wanita yang kini tinggal di London ini.

Valerie pun berharap, lewat bisnis ini ia ingin menginspirasi para wanita muda Indonesia agar mau melakukan sesuatu yang baik sejak masa remaja. “Saat ini, banyak sekali peluang usaha yang dapat digeluti oleh kalangan anak muda,” katanya. (f)


Baca juga:
Bisnis Sabun dan Lotion Ussy Sulistiawaty
Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Kuasai 4 Hal Ini
Apakah Anda Memiliki Bisnis Berbasis Online?


 


Topic

#bisnisseleb

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?