Trending Topic
Bandara SAMS Sepinggan di Balikpapan Menjadi Bandara Terbaik di Dunia Pada Pertengahan 2017

27 Jul 2017


Foto: Flickr


Penghargaan Airport Service Quality (ASQ) dari Airports Council International (ACI) kembali diberikan kepada beberapa bandara di Indonesia pada triwulan II 2017. Melalui situs www.ap1.co.id, Angkasa Pura Airports mengungkapkan tiga bandara di Indonesia masuk pada urutan World Best Airports versi ASQ, pada kategori-kategori jumlah penumpang yang berbeda. Bandara-bandara tersebut adalah Bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya
 
Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, berada di urutan pertama bandara terbaik kategori 5-15 juta penumpang per tahun. Bandara SAMS menjadi yang terbaik dari total 85 bandara di dunia yang disurvei sepanjang triwulan II tahun 2017. Posisi bandara SAMS Sepinggan ini meningkat dari posisi 3 di triwulan I 2017.


Kesibukan bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan
Foto: Flickr
 
Pada kategori  jumlah penumpang 15-25 juta penumpang per tahun, bandara internasional I gusti Ngurah Rai Bali memperoleh peringkat 2, dari 37 bandara yang disurvei. Posisi ini naik satu peringkat, sebelumnya peringkat 3, pada triwulan 2017.


Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar
Foto: Flickr

Sedangkan bandara Internasional Juanda, Surabaya, berada di peringkat 10 pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta penumpang per tahun. Peringkat ini naik dari posisi 12 pada triwulan I 2017.
 
Penghargaan ASQ diberikan organisasi ACI kepada bandara-bandara di dunia yang mampu menunjukkan komitmennya memberikan layanan terbaik bagi penggunanya setiap tahun, sejak tahun 2006. Dalam melakukan pengukurannya, setiap tahun, program ini mewawacarai 600.000 pengguna bandara di 84 negara dalam 41 bahasa. Program ini mengukur opini pengguna dengan 34 indikator kinerja, termasuk akses ke bandara, check-in, kemanan, restoran, tempat belanja, hingga toilet. Pertanyaan-pertanyaan survei tersebut ditanyakan sama di semua bandara yang disurvei.

Setiap tahunnya ACI melakukan survei empat kali pada empat triwulan di mana hasil peringkat tiap triwulan akan diakumulasikan untuk menjadi peringkat tahunan dalam berbagai kategori. Penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara  ini telah dilakukan pada lebih dari 250 bandara di dunia.(f)


Baca juga:


Meiranie Nurtaeni


Topic

#bandara, #travel, #pesawat

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.