Trending Topic
Tradisi Berbuka Puasa di India

27 Jul 2012

Waktu berbuka puasa sebagian warga India banyak dilakukan di masjid atau surau kecil, sambil beribadah dan bercengkerama. Hidangan yang disajikan biasanya merupakan sumbangan dari para donatur dan ada juga yang berbagi hidangan  yang mereka bawa dari rumah (gaya potluck). 

Meja buka puasa dipasang di depan masjid dan bisa dinikmati oleh umum. Hal ini ditujukan untuk membangun rasa kekeluargaan dalam komunitas mereka. India memiliki ragam hidangan lezat yang khusus tersaji saat berbuka. Masing-masing wilayah memiliki santapan yang  berbeda untuk berbuka. 

Nombu kanji, misalnya. Banyak dinikmati di India bagian selatan, seperti di Tamil Nadu dan Kerala. Berupa bubur nasi yang dimasak bersama daging sapi atau domba dan bahan lain seperti kacang hijau, bawang bombay, dan rempah-rempah (kunyit, kayu manis, jintan, cengkih). Biasanya, nombu kanji disajikan bersama bonda, bajji, dan vada (aneka gorengan khas India). 

Sajian lain yang juga disantap kala buka puasa di daerah Hyderabad, perbatasan India Utara dan India Selatan adalah haleem. Aslinya, haleem merupakan hidangan Arab. Namun, setelah dimodifikasi dengan aneka rempah khas India, namanya menjadi hyderabadi haleem. Tampilannya seperti bubur, yang dibuat dari gandum, daging sapi atau kambing, bawang bombay, garam masala, ketumbar, dan ghee. Saking spesialnya, haleem termasuk sajian yang cukup sering dikirim melalui kurir khusus kepada  umat muslim India yang berada di luar negeri. 

Di India bagian utara, aneka gorengan dijajakan di sepanjang jalan jelang buka puasa. Setelah menyantap kurma, gorengan seperti samosa dan pakoris jadi favorit.  Pakoris terbuat dari campuran besan (tepung chickpea), bawang bombay, kentang, dan irisan cabai merah. (f)




Topic

#india

 

polling
Pilkada 2017

Pilkada 2017 akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari di 101 daerah, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Sebelum memberikan suara, yuk, isi polling berikut.

Kota tempat tinggal:
Gender:
Usia:
Pekerjaan:
Pendidikan terakhir:
Dalam setahun terakhir apakah Anda pernah melihat, menonton atau mendengar kampanye calon yang akan ikut pemilihan Kepala Daerah:
Melalui Media kampanye apa yang paling menarik untuk Anda lihat, tonton atau dengar mengenai pemilihan calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Pertimbangan apa saja yang membuat Anda memilih seorang calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Kriteria figur seperti apa yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih seorang calon pemimpin daerah: (boleh pilih lebih dari satu jawaban) :
Secara umum apa yang Anda harapkan dari kinerja calon yang Anda pilih (boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Seberapa besar antusiasme menghadapi PILKADA Feb 2017
Apakah Anda akan menggunakan hak suara Anda dalam PILKADA 2017