Travel
Trik & Tip Membuat Foto Sekeren Travel Blogger

18 Sep 2018


Foto : 123RF

Maksimalkan Penggunaan Kamera
 
Untuk mendapatkan foto yang bagus dan mencuri perhatian banyak orang, Anda tidak harus dipotret oleh fotografer profesional. Kecanggihan kamera yang tersedia saat ini sangat memungkinkan untuk menyajikan foto yang bagus dengan memaksimalkan penggunaan fitur-fiturnya. Mulai sekarang, pelajari dan pahami cara kerja kamera atau ponsel, plus tambah kemampuan editing foto.

1/ Temukan Keunikan 
 
Dari beragam keindahan yang ditangkap oleh layar, Anda dapat menentukan satu objek yang paling menarik, untuk menjadi highlight dari gambar tersebut, yaitu diri Anda. Untuk menghasilkan keunikan ini, Anda bisa memanfaatkan efek-efek tertentu yang tersedia di beberapa kamera smartphone, agar hasil foto tampak lebih dramatis.
 
2/ Perhatikan Kondisi Cahaya
 
Cahaya memiliki peran penting dalam menghasilkan kualitas gambar yang baik. Kondisi kelebihan atau kekurangan cahaya dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti over exposure, blur, red eye, hingga noise. Aturlah aperture sesuai dengan kondisi cahaya. Beberapa smartphone telah dilengkapi dengan pengaturan aperture seperti halnya pada kamera DSLR atau Mirrorless. Aperture bekerja seperti mata manusia, menyesuaikan bukaan lensa sesuai dengan kondisi cahaya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan foto yang baik di segala kondisi pencahayaan, terang maupun sangat minim cahaya.

3/ Editing 
 
Umumnya, hasil foto digital sangat ‘mentah’. Ibarat makanan enak, kalau tidak disajikan dengan baik, maka tidak menarik. Editing, seperti menaikkan brightness, contrast, sharpness, di Instagram sebetulnya cukup. “Tapi, kalau ingin foto yang lebih bertema, bisa gunakan aplikasi VSCO atau Snapseed agar hasil foto lebih matang,” tutur Andra.
 
4/ Alat Pendukung 
 
Membawa peralatan pendukung untuk memotret seperti mini tripod bisa menjadi pilihan ketika Anda traveling sendirian. Tujuannya, agar Anda dapat memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Bila traveling bersama teman atau pasangan, peralatan seperti itu tidak perlu Anda bawa karena cukup merepotkan. Mintalah bantuan teman atau pasangan untuk memotret Anda.

5/ Caption Bercerita 
 
Caption yang menarik juga akan mendukung sebuah gambar dan menjadikannya menarik. “Bercerita atau sekadar membuat kutipan kata yang puitis menentukan bagaimana orang akan merasakan secara emosional posting-an Anda di Instagram,” ujar Putri
 


Topic

#travel, #fotografi, #travelblogger, #travelfotografi

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?