Travel
4 Tip Jadi Travel Blogger ala Pergi Dulu

23 Sep 2016


Foto: PergiDulu.com

Saat ini profesi travel blogger sangat menjanjikan. Selain bisa berkeliling menikmati tempat-tempat baru dan eksotis, kita juga dibayar untuk menjalani profesi seru ini. Ingin menjadi travel blogger yang eksis? Sontek ilmu dari Adam Poskitt dan Susan Natalia Poskitt, pasangan di balik suksesnya blog PergiDulu.com yang semakin eksis berkat media sosial dengan follower Instagram 24.4K dan Twitter 17.9K!

1. Tahu sasaran
“Saat membuat blog ini, kami mau menginspirasi orang untuk jalan-jalan dengan bujet ringan. Istilahnya aspirational travelers, deh. Target market kami adalah kelas menengah. Orang yang punya cukup duit untuk hotel sekitar Rp300.000 per malam. Mereka yang mau ke luar negeri, tapi belum ke banyak negara.”

2. Konten kuat
“Kami selalu melakukan riset untuk konten. Kami mengunjungi banyak tempat wisata, hotel, dan destinasi kuliner yang recommended—tempat yang kami tahu pembaca kami akan sukai. Berhubung kami (termasuk) kelas menengah, kami tahu berdasarkan pengalaman pribadi apa yang disukai dan bisa dihargai orang-orang tersebut. Kadang ada yang bikin artikel tentang hotel-hotel asyik atau tempat wisata yang wow hanya berdasarkan riset online saja. Menurut kami, artikel semacam ini tidak berharga dan sulit dipercaya. Karena itu, kami bekerja keras untuk mencari informasi yang original dan berdasarkan personal experience supaya pembaca kami percaya dan menghargai artikel-artikel kami.”

3. Punya misi
“Kami berusaha untuk memberikan informasi yang benar supaya orang bisa jalan-jalan tanpa rasa khawatir. Mungkin suatu hari kami bisa memberikan lebih banyak lagi informasi supaya kami bisa menjadi salah satu sumber informasi traveling tepercaya di Indonesia.”

4. Harus konsisten
“Personal  branding kami melalui media sosial dan website. Bagi kami, blog adalah kanal terpenting, tapi tanpa Instagram dan Twitter kami tidak bisa mengembangkan brand. Pasalnya, traveling sangat visual dan Instagram jadi media yang oke untuk memperlihatkan semua aktivitas kami secara jelas dan tepat. Di sisi lain, Twitter bagus untuk mengetahui aktivitas kami secara personal dan cepat. Kami pun berkomunikasi dengan sifat yang konsisten (di semua kanal) dan sejalan dengan misi Pergi Dulu.”

Yuk, dipraktikkan! (f)

Baca juga:
Backpackneymoon, Catatan Harian Pasangan Travel Blogger
Tantangan Blogger Masa Kini
7 Tip Jadi Food Blogger


Topic

#blogger

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?