Tip Masak
6 Teknik Memasak Wajib Tahu Bagi Pemula di Dapur

2 Apr 2018


Foto : Pixabay

Bingung dengan istilah memasak di resep? Semakin membaurnya dunia masak dari berbagai belahan dunia turut memperkaya teknik-teknik masak. Tak heran kalau dalam resep banyak istilah yang asing bagi pemula. Seperti berikut ini: 
 
1/ Blind Bake
Dalam dunia pastry dikenal istilah blind bake saat pembuatan pie. Ini adalah proses pematangan kulit pie tanpa isi.

Dalam beberapa resep pie, filling dituang saat kulit pie dalam keadaan setengah matang.
 
Untuk menghasilkan kulit pie yang tidak menggelembung saat dipanggang, tentu ada tipnya. Pertama, setelah melapisi loyang dengan adonan kulit pie, tusuk-tusuk adonan dengan garpu. Dengan demikian, saat proses pemanggangan, uap panas di bawah adonan dapat keluar.
 
Selain itu Anda juga bisa meletakan pie weights atau batu-batuan khusus sebagai pemberat agar adonan tidak menggelembung. Bisa dibeli di toko-toko peralatan baking.
 
Bisa juga meletakan kacang atau beras dalam jumlah banyak yang dibungkus dengan parchment paper. Namun setelahnya, kacang dan beras sudah tidak bisa lagi digunakan untuk memasak. Simpan saja untuk pembuatan pie berikutnya.
 
2/ Blansir/ Blanch
Merupakan teknik merebus sayuran dalam waktu yang sangat singkat. Memasaknya hanya memerlukan waktu sekitar ± 3 menit tergantung dari jenis sayuran dan ukurannya.
 
Tujuannya untuk mempertahankan warna sayuran dan menghindari over cook. Setelah matang segera rendam sayuran ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak.
 
3/ Fillet
Memisahkan daging dari tulang yang menempel. Biasa dilakukan pada daging ayam atau ikan.

Jika tak ingin repot, daging yang sudah berbentuk fillet juga banyak tersedia di supermarket. Atau Anda bisa meminta pertolongan dari pedagang di pasar tradisional.
 
4/ Aduk Lipat/ Folding
Teknik yang sangat krusial dalam pembuatan cake. Alat yang digunakan berupa spatula.

Gerakan mengaduk dimulai dari sisi wadah kemudian ke bagian bawah dan adonan dilpat ke atas. Gerakannya seperti membuat huruf J dengan spatula atau huruf C bagi yang bertangan kidal.
 
5/ Au Bain-Marie
Kerap disebut dengan teknik double boiler. Konsepnya hampir mirip dengan proses mengukus yang bahan tidak tersentuh air saat proses pemasakan.

Hanya saja au bain-marie tidak menggunakan dandang tertutup dan suhu tinggi dalam prosesnya.
 
Caranya siapkan panci berisikan air sekitar ¼ bagian. Panaskan di atas kompor dengan api kecil. Kemudian letakkan wadah di atas panci.

Hindari bagian alas wadah menyentuh permukaan air. Cara ini biasanya digunakan saat melelehkan cokelat, membuat swiss meringue, atau sabayone.

Teknik ini juga bisa dilakukan menggunakan oven. Caranya dengan meletakkan wadah berisi adonan dalam kontainer berisi air. Proses pemanggangan cheesecake misalnya.
 
6/ Uleni/ Knead
Teknik dalam pembuatan roti. Jika tidak menggunakan mikser khusus roti, Anda bisa melakukannya secara manual dengan menguleni adonan hingga kalis.
 
Setelah adonan tercampur rata, lakukan gerakan dengan sedikit mendorong sebagian adonan ke depan kemudian lipat. Lakukan gerakan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang kalis. (f)
 
Baca juga:
Makin Populer Sebagai Makanan Sehat, Ini Beda Greek Yogurt Dengan Yogurt Biasa
Terbaru, Brunch Sembari Ngeteh Cantik ala TWG, Instagrammable bak di Eropa!
10 Fakta Sosok di Balik VONG, Restoran yang Sedang Diperbincangkan Kalangan Foodie!

Helen Christianti


Topic

#infodapur #tipmasak

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.