Pilihan Weekend 

10 Film Dokumenter yang Menggemparkan Dunia


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

10 Film Dokumenter yang Menggemparkan Dunia Femina
Bingung mau ngapain di akhir pekan? Kalau Anda malas ke luar rumah, nonton film dokumenter aja, yuk! Lisa Bona, Manajer Program Kineforum Dewan Kesenian Jakarta, memilihkan 10 film dokumenter yang sempat menghebohkan dunia (urutan tidak menunjukkan peringkat).

1. Fahrenheit 9/11 (Michael Moore, AS, 2004)
Opini kritis tentang kebijakan ‘War on Terror’ pada masa Presiden Bush dan cara media massa memberitakannya. Film ini memenangkan Palm d'Or, penghargaan tertinggi Festival Film Cannes ke-57 (2004). Jarang sekali ada film dokumenter yang bisa memenangkan penghargaan ini.

2. Born into Brothels (Zana Briski & Ross Kauffman, AS, 2004)
Zana, wanita fotografer Amerika, datang ke lokalisasi pekerja seks komersial di Sonagachi, Kolkata, India. Ia mengajari mereka  memotret dan menyusun film ini dari banyak potongan kehidupan sehari-hari para penghuni lokalisasi.

3. March of the Penguins (Luc Jacquet, Prancis, 2005)
Pengamatan selama setahun tentang migrasi kelompok penguin di Antartika, dengan narasi para aktor terkenal. Film ini membuka diskusi yang luas tentang konsep keluarga di masa modern.

4. An Inconvenient Truth (Davis Guggenheim, AS, 2006)
Film dokumenter terlaris di AS ini mendokumentasikan kampanye pendidikan lingkungan oleh mantan Wakil Presiden AS, Al Gore, tentang pemanasan global.

5. Dixie Chicks: Shut Up and Sing (Barbara Kopple & Cecelia Peck, AS, 2006)
Cerita personal tentang kelompok band wanita, Dixie Chicks, yang banyak mendapat masalah di negeri sendiri karena selama di London aktif mengkritik kebijakan perang Presiden Bush di depan publik.

6. Earth (Alastair Fothergill & Mark Linfield, Inggris/Jerman/AS/Jepang , 2007)
Film ini mendokumentasikan perjalanan mengunjungi keragaman habitat hewan liar   di berbagai penjuru dunia.

7. Pertaruhan (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Indonesia, 2008)
Empat film dokumenter pendek tentang kontroversi seputar tubuh wanita di Indonesia.

8. This Is It (Kenny Ortega, AS, 2009)
Rekaman proses persiapan konser Michael Jackson ini menghebohkan dunia setelah Michael Jackson meninggal 18 hari sebelum konser dimulai.

9. Oceans (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Perancis, 2010)
Film ini menguak misteri bawah laut. Dunia sempat dikagetkan ketika para hiu dibantai dengan kejam demi kepentingan manusia.

10. Justin Bieber: Never Say Never (AS, 2011)
Ini yang terbaru, tapi berhasil mencuri perhatian dunia. Kisah hidup Justin Bieber sekaligus mengikuti perjalanannya tur keliling dunia tahun 2010. Film ini juga beredar dalam versi 3D. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Saatnya Bersih-bersih! Femina
TOPIK Hari Ini
Saatnya Bersih-bersih!
Yuk, ikuti sayembara 'bersih-bersih' berhadiah ini!
KOMENTAR
20 Sep 2014 - herafina saragihmobile
Manfaat dari menjual barang bekas adalah : 1. Mendapatkan uang dari barang bekas yang kita jual.2. Orang yang membeli barang bekas tersebut mendapat manfaat    dari barang bekas tersebut, harganya lebih murah dan bisa dijual kembali at ...
19 Sep 2014 - yannie
Manfaat menjual barang bekas tidak terpakai :1. Its all about the money : daripada barang tergeletak tak terpakai, lebih baik "diubah" menjadi uang.2. The world is round : barang ini mungkin lebih berguna dipakai orang lain. Kita jual ke orang lain ...
19 Sep 2014 - Zulimarlina
Pertama kali saya ikut Garage Sale yang diselenggarakan EO rumahan di daerah cilandak. Yang saya jual tentunya baju, asesoris dan printilan-printilan yang sudah tidak saya pakai tapi masih dalam kondisi baik. Awal niat memang hanya untuk bersih-bersi ...



Majalah Edisi 37 (20 - 26 September 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 17 September 2014






  VIDEO