Makan Di Mana 

Patin Bakar Dalam Bambu


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Patin Bakar Dalam Bambu Femina
Sudah cukup lama, Pondok Ikan Bakar Kalimantan, yang terletak di kawasan Cimanggis (200 m dari pintu tol Cimanggis), menawarkan sajian unik khas Kalimantan Barat, Patin Bakar Bambu. Menu ‘tak biasa’ ini pun telah berhasil merebut hati para penggemar ikan di wilayah Cimanggis dan sekitar. Buktinya, saat femina datang, pemandangan serupa terlihat hampir di setiap meja tamu yang saat itu sedang makan, yaitu sebilah bambu yang dibelah dua dengan diameter 8 - 10 cm dan panjang sekitar 40-an cm, berisi ikan patin yang nyaris ‘terkubur’ dalam bumbu halus berwarna oranye kemerahan. Itulah menu yang berjudul: Ikan Patin Bakar Bambu. Wanginya, hmm....

Kalau ingin mencicipi hidangan ini, sebaiknya Anda jangan datang seorang diri. Ukuran ikan patinnya cukup besar dan bumbu yang menyelimutinya pun berlimpah. Cita rasanya mirip-mirip bumbu dasar untuk pepes dan aroma bakar sayup-sayup tercium dalam setiap suapan. Daging ikan patinnya tebal dan lembut. Aroma daun pisang pembungkusnya pun ikut menyumbangkan aroma yang khas. Sambal penyertanya ada 3 macam, terdiri dari sambal mangga, sambal rawit dan tomat iris (mirip dabu-dabu), dan sambal tomat.

Seberat 800 g ikan patin yang femina cicipi saja, mungkin bisa untuk 4 - 6 orang! Belum lagi tawaran dari menu lain yang tak kalah menggiurkan, seperti Ikan Teri Balado Petai, Sup Ikan Gurame, Gurame Masak Taoco, dan Udang Goreng Mentega yang dinikmati dengan nasi putih pulen. Plus, lalapan, tumis kangkung, atau sayur asam (warna kuahnya merah menyala, tapi rasanya tidak pedas) yang jadi pilihan sayur, pelengkap acara santap Anda.

Es Kelapa Jeruk jadi minuman jawara di tempat ini. Disajikan dalam gelas besar plus es batu yang ditempatkan dalam wadah terpisah. Daging kelapanya pas, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua (keras). Ditemani angin sepoi-sepoi yang menyapa, es kelapa ini terasa  makin nikmat!

Lokasi: Jl. Raya Tapos No. 1, Cimanggis. Telp: (021) 8751395, 8762217. Harga*): makanan Rp8.000 – Rp110.000 (untuk ikan patin bakar bambu per kg) minuman Rp5.000 – Rp35.000. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 19.00 WIB. Suasana: Rumah makan dengan beberapa bale-bale bambu dan saung, seperti kuring-kuringan khas Sunda.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.





 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Curhat Medsos Femina
TOPIK Hari Ini
Curhat Medsos
Media sosial memang sudah seperti reality show. Selain sharing informasi, tak jarang juga kita menemukan status berisi curhatan, keluh kesah, atau gerutuan tentang masalah yang dihadapi. Perlu nggak sih, kita ikut campur, sampai berkomentar menghakimi tentang curhatan mereka ini?
KOMENTAR
03 Sep 2015 - intifada
kalau menurut saya, apabila topik yang dibicarakan seru untuk dibahas dan perlu dikomentari ya komentar saja toh kan itu sudah milik publik karena dishare di media sosial. kalau pun kita sudah merasa gerah dan risih dengan postingan yang menurut kita ...
02 Sep 2015 - susanzahara
Saya rasa gak perlu......!!, kalo curhatannya mulai bikin gerah dan risih mending unfollow aja. Rasanya menghakimi itu sangat tidak etis dan gak ada untungnya.
02 Sep 2015 - theo b.mobile
males komen gosip2 artis n isu2, terutama yg sensitif kaya SARA.. mendingan liatin aja.. tapi adakalanya perlu bersuara



Majalah F35-2015 Femina  Edar 
Wednesday, 2 September 2015






  VIDEO