Sex & Relationship
Seks Oral Bisa Jadi Penyebab Kanker Mulut

9 Aug 2017


Foto: Fotosearch
 
Akhir pekan lalu, netizen dibuat trenyuh oleh cerita Rezy Selvia Dewi di akun facebook-nya saat menemani suaminya yang terkena kanker lidah, dari mulai pertama kali gejala nampak dalam bentuk sariawan hingga akhirnya sang suami, Andre Kurnia Farid meninggal dunia. Cerita yang dibagikan hingga ratusan ribu kali ini seperti menyentak  kesadaran banyak orang akan penyakit kanker lidah ini.
 
Berbicara tentang penyakit kanker yang terdapat dalam mulut, sebuah penelitian dari The John Hopkins University School of Medicine di Amerika Serikat menyebutkan bahwa seks oral merupakan salah satu cara berpindahnya human papilloma virus (HPV), virus penyebab terjadinya kanker serviks. Cara kerjanya, dari serviks ke mulut yang bisa menyebabkan munculnya kanker mulut.

Namun risiko tertular akan lebih besar jika Anda atau pasangan sering berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks. Anda tidak perlu takut karena terjangkitnya kanker mulut akibat seks oral masih terbilang rendah.

Gaya hidup tidak sehat seperti rokok atau alkohol justru masih jadi faktor utama pemicu penyakit ini. Bila merasa belum yakin, coba periksa ke klinik gigi untuk pengecekan kesehatan. Jadi dokter bisa memastikan apakah Anda dan suami membawa virus HPV atau tidak.  

Sariawan, yang merupakan salah satu gejala awal kanker mulut, bisa disebabkan banyak hal. Misalnya, kurang vitamin B12 dan zat besi. Bisa juga akibat infeksi virus atau bakteri sehingga menimbulkan reaksi imunologik abnormal di rongga mulut.

Sariawan bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan rongga mulut, terutama setelah melakukan seks oral. (f)

YOS

Baca juga:
5 Hal yang Diinginkan Pria Saat Bercinta
Antara Orgasme dan Kinky Sex


Topic

#SeksOral, #Seks, #Kanker