Sex & Relationship
Punya Kekasih Duda dan Tidak Mandiri? Baca Ini

22 Apr 2017


Foto: 123RF
 
Kekasih saya seorang duda dua anak, yang diasuhnya dengan bantuan finansial dari mantan mertuanya. Akibatnya, mereka kerap menyetir kekasih dalam mengasuh anak. Bagaimana caranya membuat kekasih tak terlalu tunduk pada mereka?
 
Hestia – Manado
 
Saran Monty Satiadarma
Keputusan Anda menjalin hubungan dengan duda beranak dua yang memiliki sikap ketergantungan pada mertuanya merupakan pilihan Anda, yang tentunya telah Anda pertimbangkan dengan masak. Risiko yang harus Anda tempuh adalah risiko strategis untuk mendampingi pasangan Anda yang relatif masih demikian bergantung pada mantan mertua. Bila kelak Anda memutuskan untuk membangun keluarga bersamanya, hanya ada satu pilihan untuk mengatasi hal ini, yaitu menempatkan diri Anda sebagai penunjang hidup keluarga menggantikan peran mantan mertuanya. Bila Anda tidak mampu melakukan hal tersebut, Anda akan berada dalam ketidakberdayaan.

Sementara itu, tidak mudah mengubah pribadi pasangan Anda untuk serta-merta menjadi mandiri tanpa bantuan mantan mertua. Lain hal jika ia sendiri yang berniat melakukan hal tersebut dan mengupayakan keberdayaan dirinya secara dewasa. Pasangan Andalah yang harus menentukan sikapnya untuk menjadi sosok mandiri, apalagi ia telah memiliki dua anak. Ia perlu memahami bahwa sikap ketergantungan itu kelak juga akan ditiru oleh anak-anaknya.
 
Saran Irma Makarim
Tidak mudah untuk masuk dalam suasana di mana pasangan Anda terlihat memiliki ketergantungan dalam menghidupi anak-anaknya. Boleh jadi Anda tak nyaman mendapati kekasih tampak tunduk pada mantan mertuanya dalam pengasuhan anak. Namun, belum tentu kekasih memandang hal ini dengan cara yang sama dengan Anda. Ialah yang berhak menentukan seberapa jauh ia membutuhkan bantuan dan ingin melibatkan mantan mertua.

Bila kekasih tidak mengeluhkan uluran tangan mantan mertuanya, maka mereka tidak membutuhkan perubahan. Lain halnya bila kekasih merasa terganggu dengan keterlibatan beliau. Dalam hal ini, ia perlu mengusahakan perubahan, dengan mulai meningkatkan kemandiriannya dan merawat anak-anaknya sesuai kemampuannya. Anda boleh memberikan saran, tetapi bagaimana kekasih dan kedua anaknya menjalani hidupnya adalah pilihan mereka. Sebagai sosok yang belum lama hadir dalam kehidupan kekasih, Anda juga perlu menyadari kedudukan Anda dan mengetahui sejauh mana Anda bisa melibatkan diri dalam keluarganya. Jangan sampai, campur tangan Anda malah mengganggu  hubungan kekasih dengan keluarga dan mantan mertuanya. (f)
 
Baca juga:
Tak Perlu Malu Melajang, Wanita Berhak Menentukan Hidupnya Sendiri
3 Hal yang Membuat Pria Malas Melanjutkan Hubungan
5 Panduan Jalin Hubungan di Era Internet
Mau Menikah Setelah Perkenalan Singkat? Pertimbangkan Juga Hal-Hal Berikut


Puji Maharani


Topic

#masalahhubungan