Seni Pertunjukan
Mengintip Latihan Pementasan Opera Ainun

8 Sep 2018


Foto: Dok. Opera Ainun
 
Pementasan Opera Ainun yang sedianya akan digelar pada 15-16 September mendatang, sudah semakin dekat dan buat penasaran. Sejak pertama kalinya diproduksi dua tahun lalu dalam penggalan durasi 10 menit, 15 menit, 30 menit, dan 60 menit (namun baru pementasan kali ini yang akan digelar untuk publik), para pemerannya berlatih keras untuk bisa memberi penampilan yang terbaik.

Opera memang belum terlalu familiar dan barangkali juga ini baru pertama kalinya yang digelar di Indonesia. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi semua yang terlibat dalam produksi Opera Ainun, yang disutradarai oleh Ari Tulang sejak iterasinya yang keempat.

Femina sempat melihat langsung proses latihan yang sudah mulai dilakukan setiap hari sejak dua pekan lalu. “Awalnya 3 kali seminggu kami latihan, yang dimulai sejak 25 Juni lalu, kemudian menjadi 4 kali, 5 kali, dan akhirnya 7 kali dalam seminggu,” terang Rusmedie Agus yang menjadi acting coach para pemain.

Latihan-latihan ini, menurutnya, akan membuat para aktor akan memiliki keyakinan dan percaya bahwa yang ia lakukan sudah benar dan akhirnya mendongkrak kepercayaan dirinya bahwa mereka bisa. Latihan intensif setiap hari dari jam 10 pagi hingga berakhir pukul 6 sore ternyata tidak mengendurkan kualitas mereka.


“Emosinya lebih keluar! Saat Habibie berhalusinasi melihat sosok Ainun tapi ternyata tak nyata, peragakan benar-benar eskalasi emosinya. Dari mulai terkejut, excited hingga akhirnya terhempas karena kecewa dan sedih,” ujar Rusmedie mengarahkan.

Menurut Rusmedie, kesiapan para pemeran kini sudah mencapai 90%. Apalagi nanti kalau sudah mengenakan kostum, dibantu dengan make up, tata cahaya, dan tata panggung, Rusmedie optimis pementasan ini akan mendapat apresiasi yang positif.

“Kalau dari sisi menyanyi mereka semua sudah lancar karena pada dasarnya background mereka sebagian ada yang guru dan murid vokal. Yang harus diperlancar adalah akting dan gerak tubuhnya. Sebab, banyak juga belum pernah manggung samasekali,” kata Rusmedie.

“Mereka yang enggak terbiasa di atas panggung, biasanya tidak mengerti akan aturan panggung, semisal posisi yang blocking panggung. Tubuhnya tidak terlatih untuk menjadi aktor, jalan masih kaku. Itu saja sih yang terus-menerus harus diingatkan. Selebihnya sudah bagus, mereka terlihat sudah lebih nyaman dan emosinya keluar,” ungkap Rusmedie.

Meski demikian, Rusmedia menekankan dalam setiap latihan agar para pemain tidak cepat puas dengan hasil yang telah dicapai dan tidak berhenti eksplorasi sehingga mereka akan terus berkembang.

Andrea Miranda (32) yang berperan sebagai tokoh Ainun pun menanggapi bahwa latihan itu membantunya untuk terbiasa dengan alur cerita dan memainkan emosinya. “Jadi, nanti saatnya ketika pentas sudah tidak mikir-mikir lagi harus bagaimana. Tinggal mengalir saja,” ujar penyanyi yang juga menjadi dosen di Jurusan Musik Universitas Pelita Harapan. (f)


Reynette Fausto


Topic

#operaainun, #senipertunjukan

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.