Pameran
7 Hal Tentang Yayoi Kusama, Ratu Polkadot yang Mengidap Gangguan Kesehatan Jiwa

16 May 2018



6/ Pelopor Wanita Seniman Asia Pop-Kontemporer

Instalasi seni cermin Infinity Mirrored Room yang terkenal membuat Yayoi Kusama didapuk sebagai pelopor pertama wanita seniman dari Asia yang mengedepankan konsep pop-kontemporer di tahun 1960an.

“Ruang cermin ini adalah karya yang mencerminkan kemampuannya melampaui genre,” tutur Mika Yoshitake, kurator asosiasi seni Hirshhorn, yang melihat bahwa di era 60an belum ada wanita seniman dari Asia yang mengangkat genre seni seperti yang dilakukan Yayoi.

7/ Wanita Seniman Paling Laris di Dunia

Karya Infinity Net yang dibuat Yayoi, pernah mendapatkan kritik dari seorang kurator seni Donald Judd yang membuat karyanya hanya dihargai 200 dolar AS. Namun dengan semakin terkenalnya Yayoi, kini karya tersebut bisa dihargai sampai 7,1 juta dollar AS di rumah lelang Christie.

Ini membuat Yayoi menjadi wanita seniman  paling laris di dunia dan lukisan Infinity Net paling banyak dicari. Bahkan, pameran Yayoi Kusama: Infinity Obsession yang diadakan di Louisiana Museum of Modern Art, Kopenhagen pada tahun 2015 adalah pameran seni yang menarik penonton terbesar di dunia. (f)

Baca Juga :
Sebelum Datang ke Pameran Yayoi Kusama di Museum Macan, Berikut Aturan yang Perlu Diketahui
Melihat Lebih Dekat Polkadot Ikonik Karya Seniman Jepang Yayoi Kusama
Pameran Yayoi Kusama Pertama di Indonesia

 


Topic

#yayoikusama, #pameran, #instalasi, #senirupa, #museum

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?