Money
Untuk Menghemat Uang Saat Berlibur, Bawa 5 Benda Ini

11 Aug 2017


Foto: Fotosearch

Agar tidak penat dengan rutinitas sehari-hari, tentulah sesekali kita butuh liburan. Namun, liburan—apalagi jika dilakukan selama beberapa hari dan destinasinya cukup jauh—juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Ada triknya, nih, agar liburan menjadi lebih hemat, yaitu dengan membawa lima benda berikut.
 
1/ Botol minum
Membawa botol minum memang akan memakan ruang di koper kita. Tapi, botol minum ini penting dibawa jika kita liburan ke luar negeri seperti Jepang, Korea, atau negara-negara di Eropa. Soalnya, di negara-negara tersebut kita bisa memperoleh air putih dari keran-keran yang berlokasi di tempat umum. Membeli air mineral di negara-negara tersebut akan menguras tabungan, sekitar Rp10.000 per botol. Sayang uang, kan….
 
2/ USB OTG
Abadikan momen-momen perjalanan kita selama berlibur dengan kamera saku atau kamera ponsel. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, misalnya dicopet (jangan sampai, sih!), simpanlah foto kita per harinya di USB. Belum tentu, kan, kita bisa mengulang momen liburan ini kembali. Kalau pun pergi lagi, butuh waktu lagi untuk mengumpulkan uang. Dengan adanya USB OTG, kita bisa langsung copy foto-foto di ponsel tanpa perlu transfer dulu ke laptop!
 
3/ Gembok koper
Saat traveling kita wajib mengunci koper kita. Yang nggak kalah pentingnya, bawalah gembok tambahan seandainya ada sesuatu yang terjadi dengan gembok koper kita, atau jika ternyata kita membeli koper tambahan karena kebanyakan belanja oleh-oleh. Dengan begitu, kita tidak perlu beli gembok baru yang cukup menguras uang.
 
4/ Universal adaptor
Jangan sampai komunikasi dengan keluarga terputus karena kita tidak bisa isi ulang baterai ponsel karena tidak membawa adaptor. Dari Indonesia, bawalah universal adaptor agar tidak perlu membelinya di negara tujuan—harganya tidak murah, tuh! Jadi dari awal cobalah riset adaptor apa yang digunakan di negara tempat berlibur.
 
5/ Sabun cuci
Liburan, kok, bawa sabun cuci? Yap, ini penting jika kita liburan dalam waktu lama tapi tidak mau membawa banyak pakaian. Tentunya, nih, kita harus cuci baju sendiri jika menghindari biaya laundry yang cukup tinggi. Bawalah sabun cuci cair sachet untuk mencuci—terutama underwear. Atau, bawa celana dalam sekali pakai jika malas melakukannya. Selama berlibur! (f)

Baca juga:
Beli Ponsel Mahal, Pilih Mencicil atau Memanfaatkan Fasilitas Dana Tunai?
6 Bintang Korea Ini Berasal dari Keluarga Kaya, Mulai dari Park Hyung-sik Hingga Choi Si-won!
4 Pilihan Kartu Kredit Tanpa Biaya Tahunan

Vini Damayanti


Topic

#bujetliburan, #liburan