Money
Tingkatkan Keuntungan Usaha di Instagram dengan Fitur Profil Bisnis

16 Nov 2017


Foto: Fotosearch

Kehadiran media sosial seperti Instagram memudahkan orang Indonesia untuk membuat bisnis sendiri. Meski hanya kecil-kecilan, namun semangat berbisnis orang Indonesia kian tinggi, terutama melihat banyak kesuksesan yang diawali dari bisnis melalui Instagram. Untuk semakin meningkatkan semangat berbisnis, Instagram menawarkan sebuah fitur Profil Bisnis, yang bertujuan menikatkan performa post serta audience akun bisnis tersebut. Dengan demikian, penjualan pun makin meningkat, keuntungan makin banyak diperoleh.

Fitur profil bisnis menjadikan bisnis lebih menonjol di Instagram. Selain bisa menampilkan kontak usaha untuk memudahkan konsumen menghubungi bisnis Anda, ada fitur insight dan promote yang membantu untuk memahami dan menjangkau target konsumen. Pada diskusi media, Kiat Memulai Bisnis di Instagram, Jumat (3/11) lalu, Mark Nathaniel Barki, SMB Account Manager, Facebook, mengungkapkan cara-cara menggunakan fitur profil bisnis di Instagram, seperti berikut ini: 
 

Langkah 1: Ubah profil pribadi ke profil bisnis

1. Masuk profile settings dengan menkan ikon skrup.
2. Pastikan profil Anda dalam mode Public
3. Pilih Switch to Business Profile
4. Pilih halaman Facebook yang ingin Anda hubungkan dengan Instagram Business Profile Anda.
 

Langkah 2: Atur profil bisnis Anda

- Alamat perusahaan, memudahkan konsumen menemukan Anda.
- Contact, menentukan cara konsumen menghubungi Anda, seperti telepon, SMS, email, atau peta lokasi menuju toko offline.
- Informasi mengenai bidang industri yang dijalankan.
 

Langkah 3: Berkreasi dengan postingan Anda!
 

Langkah 4: Insight

Seperangkat alat pengukuran sederhana yang memuat informasi-informasi penting tentang konsumen Anda. Fitur Insight terdiri dari:
- Jumlah Reach, Impressions, dan Konten yang disimpan.
- Posting-an terbaik untuk mempelajari post apa yang paling menarik bagi followers Anda. Post dapat diurutkan berdasarkan jumlah impression, reach, engagement, komentar, likes dan penonton video.
- Insight mengenai followers untuk mempelajari siapa dan kapan followers Anda aktif di Instagram, sehingga Anda dapat membagikan pesan yang relevan.
- Insight mengenai Stories untuk melihat jumlah reach, impression, balasan.
 

Langkah 5: Promosikan posting-an dengan ads manager

Jika hanya mengunggah foto biasa, jangkauan foto Anda tidak akan” kemana-mana” atau tidak luas. Dengan fitur promote di Instagram, jangkauan foto Anda bisa diperluas, bahkan yang tidak follow akun Anda, bisa melihat foto Anda. Tentu ini akan membawa banyak keuntungan.
 
Cara untuk promosi di Instagram pakai Ads Manager cepat dan mudah:
 
- Pilih sebuah posting-an dalam profil Instagram Anda
- Tekan Promote
- Tentukan tujuan Anda.
- Tambahkan tombol call-to-action yang dapat mendorong oranguntuk mengunjungi website atau menelepon Anda.
- Tentukan anggaran dan lama waktu yang Anda inginkan untuk mempromosikan postingan tersebut.
- Pilih siapa target audience yang ingin Anda tuju. Bisa disesuaikan sendiri, tapi Instagram juga dapat memberikan saran mengenai target yang dituju sehingga bisa membantu mencapai tujuan bisnis.(f)


Baca juga:
Memperkuat Bisnis Lewat Instagram
Belanja Langsung Produk Bisnis di Instagram Pada InstaMarket
8 Trik Agar Berbagi Cerita Makin Seru Lewat Instagram Stories
 


Topic

#bisnis, #instagram

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?