Money
4 Situasi Ketika Belanja Tunai Lebih Baik dari Kredit

9 Jan 2017


Foto: Fotosearch
 
Seringkali kita lebih memilih bayar pakai kartu kredit atau debit daripada tunai karena praktis. Namun, pada situasi berikut, menggunakan uang adalah pilihan tepat daripada ‘kartu plastik’:
 
- Berdisiplin pada budget, terutama saat belanja kecil-kecilan seperti makan di resto, ngopi-ngopi, atau nonton. Kartu cenderung membuat kita merasa tidak berpisah dari uang ketika menggunakannya. Sedangkan, uang memaksa kita lebihperhitungan saat mengeluarkannya dari dompet.
 
- Belanja di toko lokal (kecil), yang tidak selalu terhubung dengan jaringan bank. Berbelanja dengan kartu membuat kita membayar lebih 3% dari total pembelian sebagai biaya transaksi.
 
- Membeli barang yang mungkin dikembalikan atau ditukar. Menggunakan kartu membuat kita mesti menunggu beberapa hari sampai uang kita kembali. Sedangkan kalau uang tunai, langsung masuk kantong kita lagi.
 
- Memberikan tip di resto. Yang satu ini sebagai bentuk kebaikan hati, yaitu meninggalkan tip dalam bentuk tunai membuat pelayan langsung menerima tambahan penghasilan saat itu juga. (Sumber: moneyland.time.com) (f)
 


Meiranie Nurtaeni


Topic

#tunaikredit

 

polling
Investasi Keuangan Tahun Ini

Tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Meski gaji tidak berlebihan sekalipun, kita tetap bisa melakukannya dengan menyisihkan sebagian penghasilan tiap bulannya.

Jenis investasi apa yang akan Anda coba tahun ini?