Nasi
Resep Fakhe Hada

18 Sep 2017


Atau fakhe nifalögu yang berarti nasi yang dibalik. Menggunakan beras kas Nias Selatan, beras Sihera. Bentuk mirip beras ketan, berwarna putih pekat berbulir pendek, ramping, dan lebih pulen. 

Bahan:
  • Daun pisang
  • 250 g beras berbulir pendek
  • 1 l air kelapa muda
  • ¼ sdt garam   
Cara Membuat:
  1. Ambil 4 lembar daun pisang, bentuk bulat diameter 10 cm atau sesuai ukuran periuk. Layukan di atas api. Tata di bagian dasar periuk1. Panaskan di atas api besar hingga panas (± 3 menit).
  2. Taruh beras di dalamnya. Tambahkan air kelapa dan garam. Aduk rata. Tutup dengan daun pisang. Masak di atas api besar hingga mendidih. Kecilkan api.
  3. Lanjutkan memasak hingga nasi matang, bagian tepi mengering, dan dasarnya membentuk kerak agak gosong.  Angkat. Balikkan periuk. Sajikan hangat.(f)

1) Periuk: Atau belanga. Alat masak dari tanah liat kas Nias Selatan dengan bentuk lebih cekung. Jika tidak ada gunakan mangkuk untuk bibimbab pot yang banyak dijual di supermarket alat saji import.

Untuk 6 porsi
Resep telah diuji coba di Dapur Uji Femina


Topic

#hidangannias, #menunasi

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?